Strategi Peningkatan Kinerja Dengan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus Pada Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor)

Hasyim, Muhamad Ardi Nupi and Tyas, Hanny Novindaning and Budiswara, I Gede Putu Brahmantta Bismahogra and Ulla, Isni Tazkiatul (2020) Strategi Peningkatan Kinerja Dengan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus Pada Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4 (2). pp. 144-153. ISSN P-ISSN 2550-0805 E-ISSN 2550-0791

[img] Text
14. Strategi peningkatan kinerja dengan metode balance scorecard.pdf

Download (370kB)
[img] Text
14. Hasil turnitin Strategi peningkatan kinerja dengan metode balance scorecard.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widya...

Abstract

Puri Khatulistiwa Hotel merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan yang memiliki 69 kamar. Selama ini Puri Khatulistiwa Hotel hanya menggunakan analisis laporan keuangan untuk mengukur kinerja perusahaan. Pengelolaan kinerja Puri Khatulistiwa Hotel seharusnya mempertimbangkan keseimbangan antara aspek keuangan dan non keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Hotel Puri Khatulistiwa dengan metode analisis yang digunakan adalah dengan Balanced Scorecard yang dilihat melalui 4 perspektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan hotel dan pelanggan hotel. Teknik pengambilan sampel dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan dan pelanggan Hotel Puri Khatulistiwa. Dasar yang digunakan dalam pengambilan sampel secara random, sampel penelitian yang digunakan 30 orang karyawan dan sebanyak 20 orang pelanggan. Berdasarkan analisis kinerja yang telah didapat dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, maka diperoleh kesimpulan : (1) Perspektif proses bisnis internal yaitu inovasi adalah baik dengan adanya inovasi – inovasi bisnis yang dijalankan. (2) Perspektif pembelajaran dan bertumbuh adalah dengan mengukur kepuasan karyawan, retensi karyawan, dan kemampuan sistem informasi. Kepuasan karyawan diperoleh 7,55% dikategorikan baik, retensi karyawan cukup baik, dan kemampuan sistem informasi diperoleh 1,6% dikategorikan baik. (3) Perspektif pelanggan adalah dilihat dari hasil penyebaran kuesioner karakteristik responden dan kepuasan pelanggan menunjukan pelanggan puas terhadap pelayanan Hotel Puri Khatulistiwa.. (4) Perspektif keuangan adalah baik dilihat dari beberapa aspek yang telah dijelaskan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Kinerja, Balanced Scorecard, Hotel
Subjects: JOURNAL
Divisions: DOKUMEN IKOPIN
Depositing User: Ikopin Teknologi Informasi
Date Deposited: 28 Mar 2021 22:31
Last Modified: 28 Mar 2021 22:31
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item View Item