PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL MANAJEMEN (SOM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia – Koperasi Inspeksi Pendidikan Agama Islam Kabupaten Sumedang (KPRI-KIPAS))

Yustika, Mia (2020) PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL MANAJEMEN (SOM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia – Koperasi Inspeksi Pendidikan Agama Islam Kabupaten Sumedang (KPRI-KIPAS)). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Mia Yustika (2020). Penyusunan Standar Operasional Manajemen (SOM) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Karyawan (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia-Koperasi Inspeksi Pendidikan Agama Islam Kabupaten Sumedang (KPRI-KIPAS)) di bawah bimbingan Dandan Irawan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner yang berkaitan dengan penilaian jati diri koperasi dan daya saing koperasi kepada 31 orang responden (pengurus, pengawas, karyawan, dan anggota) yang menunjukkan bahwa KPRIKIPAS memiliki daya saing yang tinggi dan telah mengimplementasikan jati diri koperasi dengan baik, kuesioner yang berkaitan dengan kelembagaan dan keusahaan koperasi kepada delapan orang responden (pengurus dan karyawan) yang menunjukkan bahwa KPRI-KIPAS dinilai dari kelembagaan dan keusahaannya bagus, dan kuesioner yang berkaitan dengan kualitas pelayanan karyawan KPRI-KIPAS kepada 86 orang responden (anggota) dengan analisis data yang dilakukan menggunakan metode statistika deskriptif menunjukkan bahwa kualitas pelayanan karyawan KPRI-KIPAS tergolong kurang baik, maka dibutuhkan Standar Operasional Manajemen (SOM) yang disusun sesuai dengan kebutuhan KPRI-KIPAS. KPRI-KIPAS merupakan koperasi yang memiliki tiga unit usaha, yaitu simpan pinjam, waserda, dan jasa photocopy yang terletak di Islamic Centre Jl. Kutamaya, Kabupaten Sumedang. Koperasi ini beranggotakan 640 orang per 2019 dengan tiga pengurus, tiga pengawas, dan enam karyawan. Seluruh anggota KPRI-KIPAS merupakan anggota yang sangat aktif dinilai dari transaksi yang dilakukan dengan koperasi dalam perannya sebagai pemilik. Dengan loyalitas tersebut, sayangnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan KPRI-KIPAS masih tergolong kurang baik. Dalam upaya meningkatkan pelayanan tersebut, perlu ada tatanan baku untuk menjadi standar pelayanan agar dapat terjaganya kualitas pelayanan karyawan dan menemukan titik terang untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan tersebut. Standar Operasional Manajemen (SOM) memuat standar dalam seluruh proses operasional keusahaan dan kelembagaan suatu organisasi, dengan demikian KPRIKIPAS membutuhkan sususan Standar Operasional Manajemen (SOM) sebagai pedoman dalam beroperasional.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Standar Operasional Manajemen (SOM), Kualitas, Pelayanan, Karyawan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:02
Last Modified: 14 Apr 2023 06:02
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item