HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Toko Koperasi Karyawan LEN Bandung)

Triyana, Rahmi (2020) HUBUNGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Toko Koperasi Karyawan LEN Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Rahmi Triyana (2020), Hubungan Customer Relationship Management terhadap Kepuasan anggota (Studi kasus pada unit toko Koperesi Karyawan LEN), di bawah bimbingan Gijanto Purbo Suseno. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Customer Relationship Management terhadap kepuasan anggota pada unit toko Koperasi karyawan LEN. Fenomena masalah dalam penelitian ini adalah belum terpenuhinya kepuasan anggota sesuai dengan harapan anggota kerena penerapan unsur Customer Relationship Management yang belum optimal. Customer Relationship Management dalam hal ini terbagi menjadi tiga elemen utama kunci keberhasilan dari Customer Relationship Management yaitu, people, process, and technology. Menurut Smith and Chang (2010, p.260) untuk menggunakan empat indikator dalam mengukur kepuasan pelanggan, yaitu: Kualitas produk, Kualitas layanan, Inovasi produk, Citra perusahaan. Tujuannya agar koperasi dapat meningkatkan kepuasan anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi karyawan LEN. Teknik pengambilan sempel menggunakan metode non probability. Ukuran sampel penelitian berjumlah 42 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan dengan Uji Rank Spearman dengan mengunakan SPSS 23. Kesimpulannya, Customer Relationship Management dan kepuasan anggota memiliki nilai hubungan yang sedang sebesar 0,517 dengan nilai signifikansi yang positif sebesar 0,000. Jadi jika terjadi peningkatan pada Customer Relationship Management pada unit toko maka kepuasan anggota Koperasi Karyawan LEN juga akan meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: customer relationship management, kepuasan anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:41
Last Modified: 20 Jun 2025 07:41
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item