ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UNIT USAHA PERDAGANGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus pada Unit Usaha Perdagangan Koperasi Pegawai Republik Indonesia Mulia RSUD Majalaya Bandung)

Prasetya, Muhammad Rizky (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN UNIT USAHA PERDAGANGAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus pada Unit Usaha Perdagangan Koperasi Pegawai Republik Indonesia Mulia RSUD Majalaya Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)

Abstract

MUHAMMAD RIZKY PRASETYA 2021, Analisis Kualitas Pelayanan Unit Usaha Perdagangan dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota, studi penelitian di Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia RSUD Majalaya, dibawah bimbingan Agus Arifin. Keberadaan Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia diharapkan bisa sangat membantu kebutuhan para anggota dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari hari. Kualitas pelayanan dan partisipasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, oleh karena itu dalam pelaksanaannya perlu diupayakan agar kedua unsur tersebut dapat berjalan searah untuk mencapai tujuan Koperasi yaitu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota. Namum kenyataanya partisipasi anggota di Unit perdagangan ini masih belum maksimal dimana jumlah anggota yang berpartisipasi pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 1,13% dari tahun sebelumya dan jumlah anggota yang memanfaatkan pelayanan sebesar 60,07% dari jumlah anggota keseluruhan yang berjumlah 589. Dalam penelitian ini, akan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus adalah mendeskripsikan fenomena yang terjadi ditempat penelitan. Dalam mengolah data yang diperoleh agar dapat menjawab identifikasi masalah maka untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia RSUD Majalaya, akan di analisis secara deskriptif melalui data dan informan yang telah diperoleh dari anggota dengan mengisi data kuesioner oleh responden kemudian dievaluasi dengan menggunakan metode skoring. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Unit Usaha Perdagangan KPRI Mulia RSUD Majalaya apabila ditinjau hasil kuesioner dari 36 responden para anggota memiliki kriteria kualitas pelayanan yang cukup baik untuk melayani kebutuhan anggotanya. Akan tetapi ada beberapa indikator yang memiliki kriteria yang harus di perbaiki menjadi lebih baik lagi, agar partisipasi anggota bertambah memanfaatkan kualitas pelayanan yang disediakan unit perdagangan. Pemecahan masalah dalam upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi anggota yaitu: penambahan jam buka tutup toko yang di disarankan, walau ada beberapa yang harus dipertimbangan mengenai sumberdaya manusianya, pendanaan, serta fasilitas-fasilitas yang lainnya. Harga produk yang diinginkan lebih murah dari pesaing dengan membeli barang ketersediaan di grosir atau di produsennya langsung agar harga yang nantinya ditawarkan ke anggota dapat lebih murah dari pesaing, dan Informasi produk terhadap anggota yang jelas sehingga anggota dapat mengetahui informasi tentang unit usaha perdagangan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 30 Apr 2025 01:44
Last Modified: 30 Apr 2025 01:44
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item