PERAN DIGITAL BANKING DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI ERA SOCIETY 5.0

Setiawati, Rosti (2021) PERAN DIGITAL BANKING DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI ERA SOCIETY 5.0. PERAN DIGITAL BANKING DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI ERA SOCIETY 5.0.

[img] Text
B ROSTI DIGITAL BANKING-Mei_compressed.pdf

Download (286kB)

Abstract

Perkembangan zaman menunjukkan perubahan baik dari sisi perkembangan teknologi informasi maupun perubahan pola perilaku masyarakat, pada tanggal 21 januari 2019 telah diresmikan Era society 5.0 dimana semua teknologi merupakan bagian dari manusia itu sendiri, internet bukan hanya digunakan untuk sekedar berbagi informasi melainkan untuk menjalani kehidupan. Diterbitkannya peraturan otoritas jasa keuangan nomor 12 /pojk.03/2018 tentang penyelenggaraan layanan perbankan digital oleh bank umum, diharapkan bank dapat memberikan layanan kepada nasabah tanpa batasan tempat dan waktu, serta dengan biaya seminimal mungkin yang memberikan kenyamanan maksimal kepada nasabah sesuai dengan preferensi nasabah. Layanan tersebut meliputi (1).internet banking, (2).mobile banking, (3).sms banking, dan (4).phone banking, sehingga dampaknya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di era society 5.0 yaitu: (1).memberikan layanan keuangan inklusif artinya bank digital memberikan semua layanan secara online dan tidak mengandalkan kantor cabang fisik. (2).memberikan layanan efisien 24 jam, 24 jam berinteraksi dengan nasabah dan aktivitas ekonomi akan semakin mudah, murah untuk dijalankan. (3).biaya admin turun, operasional yang serba online akhirnya berpotensi membuat biaya administrasi yang bisa semakin turun sehingga bank digital tak perlu membangun atau mengelola sejumlah kantor cabang di berbagai wilayah. Suatu bank yang berencana untuk menyelenggarakan layanan digital banking harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari OJK dan mematuhi peraturannya, kemudian masyarakat diharapkan sudah mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan bisa memanfaatkan layanan yang berbasis digital dengan semaksimal mungkin. Era society 5.0 di mana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri, internet bukan hanya digunakan untuk sekedar berbagi informasi melainkan untuk menjalani kehidupan. Komponen utamanya adalah manusia yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi dapat meminimalisir adanya kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi di kemudian hari. Society 5.0 berupaya menempatkan manusia sebagai pusat inovasi. Dengan memanfaatkan dampak teknologi dan hasil industri 4.0, dengan pendalaman integrasi teknologi dalam peningkatan kualitas hidup, tanggung jawab sosial dan keberlanjutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Digital Banking, Pelayanan kepada masyarakat, Era Society 5.0
Subjects: ARTICLE
Divisions: DOKUMEN IKOPIN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:16
Last Modified: 29 Dec 2021 07:16
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item