Karyani, Tuti and Rafly, Muhamad and Rustidja, Ery Supriyadi (2019) Tingkat Kepuasan Petani Edamame Dalam Bermitra Dengan Perusahaan. Seminar Nasional Jasil Penelitian Agribisnis III: Perdagangan Komoditas Pertanian di Era Industri 4.0: Peluang dan Tantangan. p. 29. ISSN 2685-2233
Text
2019 Tingkat Kepuasan Petani Edamame.pdf Download (1MB) |
Abstract
Azas kemitraan antara lain sating membutuhkan, sating menguatkan dan sating menguntungkan bagi kedua belah pihak yang menjalin hubungan kemitraan tersebut. Oleh karena itu, bila salah satu pihak tidak merasakan manfaat dari kerjasama kemitraan tersebut, maka akan membuat kerjasama kemitraan menjadi tidak berjalan dengan lancar bahkan bisa berakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaksanaan kemitraan yang terjadi antara UD Freshco dan petani edamame dan menganalisis bagaimana tingkat kepuasan yang dirasakan oleh petani. Metode yang digunakan adalah metode Likert untuk mengukur tingkat kepuasan dengan varibel tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kemitraan UD Freshco dengan petani berupa kesepakatan bahwa petani akan mendapat benih edamame dari perusahaaan dan hasil panen edamame harus dipasarkan melalui perusahaan. Perusahaan akan memotong biaya benih saat pembayaran kepada petani. Adapun dari hasil analisis tingkat kepuasan yang dirasakan oleh petani mitra tennasuk ke dalam kriteria cukup puas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemitraan, Edamame, Tingkat Kepuasan |
Subjects: | PROCEEDING |
Divisions: | DOKUMEN IKOPIN |
Depositing User: | Ikopin Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 06:32 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 06:32 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/138 |
Actions (login required)
View Item |