OPTIMALISASI BAURAN PROMOSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN SUSU KEPADA NON INDUSTRI PENGOLAHAN SUSU (NON IPS) (Studi Kasus Pada Unit Usaha Susu Murni Koperasi Serba Usaha Tandangsari, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

Muzhafar, Naufal and Setiawati, Rosti (2021) OPTIMALISASI BAURAN PROMOSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN SUSU KEPADA NON INDUSTRI PENGOLAHAN SUSU (NON IPS) (Studi Kasus Pada Unit Usaha Susu Murni Koperasi Serba Usaha Tandangsari, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Adaptasi dan Sinkronisasi Kebijakan Pembangunan Memanfaatkan Momentum New Normal Pasca Covid-19. pp. 193-203. ISSN ISBN 978-623-94471-6-8

[img] Text
12 Optimalisasi Bauran Promosi-Rosti-edited.pdf

Download (619kB)

Abstract

Unit usaha susu murni KSU Tandangsari sedang mengalami permasalahan penurunan penjualan, khususnya kepada Non IPS (Industri Pengolahan Susu). Penurunan penjualan ini disebabkan oleh bauran promosi yang dilakukan oleh unit usaha susu murni KSU Tandangsari seperti advertising, personal selling, sales promotion, public relations, dan direct marketing belum optimal secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimalisasi bauran promosi dengan cara menganalisis pelaksanaan bauran promosi pada unit usaha susu murni KSU Tandangsari dan menyusun strategi promosi yang sesuai untuk dapat meningkatkan daya saing terutama di masa normal setelah pandemi Covil-19, sehingga ke depannya dapat meningkatkan volume penjualannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan teknik skoring dan analisis pada diagram Cartesius. Berdasarkan hasil analisis pada diagram kartesius terkait tanggapan dan harapan dari para pelanggan, terdapat indikator bauran promosi pada kuadran I terdiri dari: brosur, billboard/papan nama, dan situs web. Kuadran II terdiri dari: pemberian potongan harga kepada konsumen dan kegiatan komunitas terhadap masyarakat. Kuadran III terdiri dari: publisitas produk dan presentasi penjualan produk. Kuadran IV adalah pertemuan penjualan. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat tiga indikator dari bauran promosi yang harus diperbaiki oleh unit usaha susu murni KSU Tandangsari pada kuadran I di antaranya pembagian brosur bisa dilakukan secara rutin, billboard/papan nama yang harus diperbaiki lagi baik dari informasi yang diberikan maupun dari desain yang ditampilkan, dan penggunaan promosi melalui situs web yang harus diperbaiki dan ditingkatkan guna dapat memberikan informasi secara luas bagi pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bauran promosi, Penjualan Susu, non IPS
Subjects: PROCEEDING
Divisions: DOKUMEN IKOPIN
Depositing User: Ikopin Teknologi Informasi
Date Deposited: 31 Jan 2022 05:59
Last Modified: 31 Jan 2022 05:59
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item View Item