EFEKTIVITAS MEDIA KOMUNIKASI BISNIS DALAM MEMPROMOSIKAN KOPERASI PEGAWAI DINAS KOPERASI (KPDK) 12 JULI JAWA BARAT

Nono, Yosefina Kristina M. Wua and Purnamawati, Ami (2021) EFEKTIVITAS MEDIA KOMUNIKASI BISNIS DALAM MEMPROMOSIKAN KOPERASI PEGAWAI DINAS KOPERASI (KPDK) 12 JULI JAWA BARAT. Adaptasi dan Sinkronisasi Kebijakan Pembangunan Memanfaatkan Momentum New Normal Pasca Covid-19. pp. 301-314. ISSN ISBN 978-623-94471-6-8

[img] Text
21 Efektivitas Media Komunikasi-Ami-edited.pdf

Download (837kB)

Abstract

Koperasi Pegawai Dinas Koperasi (KPDK) 12 Juli yang memiliki empat (4) unit usaha yaitu unit simpan pinjam, unit waserda, unit fotocopy, dan unit jasa rental kendaraan beranggotakan 268 pegawai Dinas Koperasi Provinsi Jawa Barat. Dalam berinteraksi menjalankan aktivitasnya KPDK menggunakan media komunikasi bisnis yaitu media sosial sebagai media promosi dalam upayanya mengembangkan unit usaha dan eksistensi koperasi. Dengan penggunaan media sosial diharapkan pengurus dapat berkomunikasi dan melakukan kegiatan promosi sehingga pesan dapat tersampaikan tepat waktu dan sesuai yang pada akhirnya dapat meningkatkan partisipasi aktif anggota sebagai pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan serta pengelolaan media sosial dalam kegiatan promosi, dan efektivitas penggunaan dan pengelolaan media komunikasi bisnis serta upaya-upaya apa saja yang dilakukan karyawan dalam mengelola media komunikasi bisnis di KPDK 12 Juli. Metode Penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik analisis data statistik pembobotan (scoring) dan skala interval. Ukuran sampel dalam penelitian ini berjumlah 49 dengan teknik sampling purposif proporsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Facebook dan Instagram berada pada kategori kurang baik, pengelolaan media sosial berada pada kategori tidak baik dan efektivitas media komunikasi bisnis berada pada kriteria kurang baik. Melihat hasil penelitian ini maka beberapa saran untuk koperasi adalah pengadaan SDM profesional untuk pengelolaan media sosial atau media promosi lainnya sehingga dapat menarik anggota untuk memanfaatkan media sosial tersebut. Pengurus harus berupaya untuk berinovasi dan memberikan informasi dan edukasi tentang adanya media sosial dalam rangka meningkatkan partisipasi anggota.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Bisnis, Media Sosial, Promosi, Partisipasi Anggota
Subjects: PROCEEDING
Divisions: DOKUMEN IKOPIN
Depositing User: Ikopin Teknologi Informasi
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:09
Last Modified: 31 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item