ANALISIS FINANCIAL VALUE ADDED (FVA) SEBAGAI METODE PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM UPAYA MENCAPAI SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

Nurulia, Nisa (2021) ANALISIS FINANCIAL VALUE ADDED (FVA) SEBAGAI METODE PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM UPAYA MENCAPAI SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

Nisa Nurulia 2021. Analisis Financial Value Added (FVA) Sebagai Metode Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan Dalam Upaya Mencapai Sustainable Competitive Advantage (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub-Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019) dibawah bimbingan Nurhayat Indra. Pengukuran kinerja keuangan suatu perusahaan sering dilakukan dengan menggunakan rasio keuangan yang dianalisis dari laporan keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu. Pengukuran kinerja berdasarkan rasio seringkali kurang mencerminkan kinerja yang sebenarnya. Maka diperlukan suatu alat ukur kinerja keuangan yang menunjukkan prestasi manajemen yang sebenarnya dengan tujuan mendorong aktivitas maupun strategi yang menambah nilai ekonomis dan membuang aktivitas yang tidak menambah nilai. Financial Value Added (FVA) adalah bagian dari konsep penilaian kinerja manajemen perusahaan dengan menghasilkan nilai tambah yang diciptakan perusahaan selama periode penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan-perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga menggunakan metode Financial Value Added (FVA) dan untuk mengetahui kaitannya dengan sustainable competitive advantage pada tahun 2015 hingga 2019. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Financial Value Addded (FVA) pada perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga bernilai positif (FVA>0) disebabkan karena laba usaha perusahaan dan depresiasi (NOPAT+ D) dapat menutupi equivalent depreciation kecuali PT. Martina Berto Tbk pada tahun 2018 dan 2019 serta PT. Mustika Ratu Tbk pada tahun 2018 bernilai negatif (FVA<0) karena laba perusahaan dan depresiasi (NOPAT+D) tidak dapat menupi equivalent depreciation.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Financial Value Added, Equivalent Depreciation, Sustainable Competitive Advantage
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:47
Last Modified: 13 Feb 2025 06:47
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item