Tazimalela, Desi (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN RITEL (RETAIL MARKETING MIX) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Ziebar Minimarket Koperasi Karyawan Bank BJB Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (47kB) |
Abstract
Desi Tazimalela (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel (Retail Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Unit Usaha Ziebar Minimarket Koperasi Karyawan Bank BJB Bandung di bawah bimbingan bapak Gijanto Purbo Suseno. Koperasi Karyawan Bank BJB Bandung dikelola oleh 22 pengelola yang memiliki beberapa unit usaha salah satunya unit usaha Ziebar Minimarket.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran ritel (retail marketing mix), loyalitas pelanggan, besar pengaruh bauran pemasaran ritel (retail marketing mix) terhadap loyalitas pelanggan dan upaya meningkatkan loyalitas pelanggan melalui bauran pemasaran ritel (retail marketing mix). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Responden penelitian adalah pelanggan dari anggota Koperasi dan masyarakat yang berjumlah 118 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Bauran pemasaran ritel (retail marketing mix) pada unit usaha ritel Ziebar Minimarket mempunyai kategori sangat baik. 2) Loyalitas pelanggan pada unit usaha Ziebar Minimarket mempunyai kategori sangat baik. 3) Terdapat pengaruh lokasi terhadap loyalitaspelanggan dengan kontribusi pengaruh sebesar 15,52%, terdapat pengaruh produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi pengaruh sebesar 39,56%, terdapat pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi pengaruh sebesar 35,16%, terdapat pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi pengaruh sebesar 48,86%, terdapat pengaruh suasana toko terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi pengaruh sebesar 18,06%, terdapat pengaruh pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi pengaruh sebesar 50,55% dan terdapat pengaruh lokasi, produk, harga, promosi, suasana toko dan pelayanan (bauran pemasaran ritel) secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan dengan kontribusi pengaruh sebesar 77,62%. 4) Upaya meningkatkan loyalitas pelanggan melalui bauran pemasaran ritel (retail marketing mix) diantaranya menjaga kenyamanan lingkungan Ziebar Minimarket untuk berbelanja, memperbanyak jenis produk yang ditawarkan, menjaga kualitas produk namun dengan harga yang masih kompetitif, mengadakan undian berhadiah Ziebar Minimarket secara rutin, memperbaiki penataan barang di toko Ziebar Minimarket dan menyediakan fasilitas pembayaran debit card atau e�money dengan baik dan lengkap.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran Ritel, Loyalitas Pelanggan, Pelayanan Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:04 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 06:04 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |