Nugraha, Novaliadi Feriansyah (2019) ANALISIS DISIPLIN KERJA KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA ANGGOTA (Studi Kasus pada Koperasi Pegawai Abdi Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (KPAP IPDN) Kabupaten Sumedang). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (135kB) |
Abstract
Novaliadi Feriansyah Nugraha, C1150386 (2019), Analisis Disiplin Kerja Karyawan Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Kepada Anggota pada Koperasi Pegawai Abdi Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kabupaten Sumedang, (di bawah bimbingan Dr. Hj. Inne Risnaningsih, SE., M.Si). Disiplin merupakan suatu sikap dimana seseorang mampu mentaati dan mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku, baik secara tertulis maupun tidak tertulis serta mempunyai rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Adapun tujuan dan fungsi disiplin ini pada dasarnya agar pegawai bertanggung jawab terhadap perbuatannya dan harus dapat diterima dan dipahami oleh semua pegawai. Pelayanan adalah jasa yang diberikan oleh koperasi dalam upaya memajukan usahanya, semakin besar atau semakin banyak pelayanan itu, maka semakn tinggi peran serta anggota koperasi. Disiplin kerja karyawan dapat berpengaruh terhadap pelayanan kepada anggota sebab dengan disiplin kerja diharapkan peraturan-peraturan yang ada dapat ditaaati oleh setiap karyawan dan pekerja dapat diselesaikan dengan target yang telah ditentukan sehingga tujuan dapat tercapai. Apabila disiplin kerja tidak di laksanakan maka pengaruhnya pada pelayanan kepada anggota harus menunggu karyawannya yang belum ada di tempat kerja. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap aktivitas serta pengembangan organisasi koperasi. Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan penulis pada survey pendahuluan, yaitu adanya keterlambatan dari para karyawan untuk melayani anggotanya yang sudah ada di tempat kerja. Dari beberapa indikator tersebut menunjukan disiplin yang kurang mentaati dan pelayanan yang kurang optimal. Dari penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kasus, yang merupakan salah satu metode deskriptif analisis. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, kuisioner, studi pustaka yang disebarkan keseluruh responden yaitu karyawan dan informan yaitu pengurus, anggota Koperasi Pegawai Abdi Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kabupaten Sumedang. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh untuk disiplin kerja hasil perolehan persentase sebesar 89,5% dari harapan sebesar 100% dan untuk tanggapan responden pelayanan kepada anggota dapat diperoleh hasil persentase sebesar 45,71% dari harapan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja karyawan baik, sedangkan untuk masalah pelayanan kepada anggota kurang baik. Dengan melihat perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja karyawan berperan dalam meningkatkan pelayanan kepada anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 04:56 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 04:56 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |