Rustidja, Ery Supriyadi (2020) PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BISNIS RETAIL DI KOTA AMBON. E-Coops-Day : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I (1). pp. 97-105. ISSN 2722-3485
Text
2020 PELATIHAN RETAIL BAGI USAHA KECIL DI KOTA AMBON.pdf Download (399kB) |
|
Text (Peer Review)
Peer Review Pendidikan Dan Pelatihan Bisnis Retail Di Kota Ambon.pdf Download (285kB) |
|
Text (Hasil Turnitin)
Hasil Turnitin Pendidikan Dan Pelatihan Bisnis Retail Di Kota Ambon.pdf Download (597kB) |
Abstract
Bahan pokok dan kebutuhan dasar masyarakat berupa pangan dan sandang masih menduduki prioritas kebutuhan konsumsi, sehingga usaha retail menjadi pilihan utama bagi para pelaku usaha, terlebih bagi usaha mikro dan kecil walau dihadapkan pada berbagai keterbatasan. Guna meraih peluang pasar ini, maka para pelaku usaha mikro dan kecil di Kota Ambon berusaha membuka warung, toko, dan gerai dengan berbagai jenis barang dan layanan jasa yang diproduksi, baik makanan, non makanan, minuman, maupun layanan jasa. Perkembangan pasar yang semakin cepat dan modern, serta mengingat pentingnya literasi bagi peningkatan kesadaran model dan efisiensi bisnis bagi pelaku UMKM, maka dirasa perlu dilakukan pelatihan manajemen retail agar nilai tambah dan manfaat bisnis retail yang didapat mereka menjadi optimal secara ekonomi dan berkelanjutan. Pemahaman terhadap akses pemasaran, akses informasi, akses keuangan, dan manajerial dalam bisnis retail sangat dibutuhkan, sehingga materi pelatihan menyangkut kelayakan usaha, penetapan harga, tata cara pelayanan pengelolaan toko, membangun keefektifan bisnis retail, kiat memperoleh pelanggan, dan pengelolaan aliran dana dalam usaha. Metode yang dilakukan berupa pelatihan terstruktur, partisipatif, permainan (games), bermain peran, dan kolaborasi antar peserta, monitoring, dan evaluasi. Langkah awal pelatihan dilakukan dengan analisis kebutuhan, pengenalan dan efisiensi bisnis retail, pentingnya perilaku wirausaha, dan karakteristik bisnis retail, strategi bisnis, logistik dan pemasaran pada bisnis retail. Selanjutnya, diberikan rangkaian materi pelatihan berhitung kelayakan usaha secara sederhana, penggunaan media sosial sebagai fasilitas transaksi bisnis dan penjualan produk, dan mengevaluasi kesuskesan bisnis. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan keaktifan setiap peserta dalam mengikuti pelatihan dan sajian materi serta dinilai cukup efektif, karena terjadi transformasi pemahaman mengenai bisnis retail yang muncul dari perubahan sikap dan kemampuan peserta yang meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bisnis, kelayakan, kolaborasi, pengelolaan, retail |
Subjects: | JOURNAL |
Divisions: | DOKUMEN IKOPIN |
Depositing User: | Ikopin Teknologi Informasi |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 04:16 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 06:37 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/228 |
Actions (login required)
View Item |