Nugraha, Agus (2024) PERENCANAAN SISTEM INFORMASI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KOPERASI. Repositori.
Text
2024 Agus N - Jurnal (Sistem Informasi).pdf Download (305kB) |
Abstract
ABSTRAK Koperasi merupakan organisasi yang otonom dan dikelola para anggotanya yang mengacu pada prinsip ganda yaitu anggota sebagai pemilik sekaligus pelanggan. Dalam dimensinya koperasi mempunyai kewajiban untuk melayani para anggotanya, yang dipengaruhi oleh beberapa indicator, yaitu Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty. Salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah ketersediaanya informasi sebagai upaya responsive terhadap para anggota dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Informasi yang berkualitas harus memenuhi kriteria Akurat, Tepat waktu dan Relevan. Untuk membangun sebuah system informasi koperasi diperlukan perencanaan strategis informasi yang melibatkan para spesialis informasi, yaitu : Analis Sistem, Pengelola Database, Spesialis Jaringan, Programer dan Operator. Perencanaan strategis informasi digunakan untuk mengidentifikasi strategi pencapaian visi dan misi sistem informasi melalui pengelolaan dan pengembangan sistem informasi yang mempunyai dua sisi, yaitu sisi data yang mengupayakan pemenuhan kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi, dan sisi aktifitas yang mengupayakan dalam hal pemanfaatan teknologi untuk peningkatan kinerja organisasi. Beberapa pendekatan dalam perencanaan sistem informasi, diantaranya : Zachman Framework, TOGAF (The Open Group Architecture Framework), FEAF (Federal Enterprise Architecture Framework), TEAF (Treasury Enterprise Architecture Framework), setiap framework memilki fungsi dan pendekatan yang berbeda. Kata kunci : Koperasi, Pelayanan, Sistem Informasi, Perencanaan Sistem Informasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ARTICLE |
Depositing User: | SE Adang Cahya |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 09:38 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 09:38 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2339 |
Actions (login required)
View Item |