ANALISIS KINERJA USAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN : Studi Kasus pada Unit Perdagangan Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya Kab.Bandung

ARIF, ANDI (2023) ANALISIS KINERJA USAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN : Studi Kasus pada Unit Perdagangan Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya Kab.Bandung. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB)

Abstract

Andi Arif, 2023. Analisis Kinerja Usaha dalam upaya meningkatkan Partisipasi anggota sebagai pelanggan Studi Kasus pada Unit Perdagangan Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya Kab.Bandung ,Jawa Barat di bawah bimbingan H. Dady Nurpadi Kopmen Mulya RSUD Majalaya Kab.Bandung merupakan koperasi yang memiliki tiga unit usaha yaitu Unit Simpan Pinjam, Unit Perdagangan, dan Unit Rekanan. Kopmen Mulya RSUD Majalaya Kab.Bandung didirikan pada tanggal 28 april 1999, dengan nama awal Koperasi Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Majalaya, lalu disahkan dengan badan hukum No. 230/BH/518-KOP/V/1999, pada tanggal 03 Mei 1999. Kopmen Mulia RSUD Majalaya memiliki Kinerja Usaha yang cukup baik yang disebabkan oleh partisipasi anggota sebagai pelanggan yang cukup baik juga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus yang memecahkan masalah aktual dengan mencari dan mengumpulkan data lalu disusun secara sistematis kemudian dianalisis dan diambil suatu kesimpulan. Rancangan Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan mekanisme skoring. Jumlah anggota keseluruhan Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya sebanyak 565 orang, 315 orang anggota yang aktif bertransaksi lalu menggunakan rumus slovin terdapat sampel yang diambil berjumlah 31 responden. Hasil dari penelitian ini adalah diketahuinya tentang kinerja usaha koperasi dilihat dari perspektif keuangan masih mengalami fluktuatif dari 5 tahun terakhir, kinerja perspektif non keuangan dinilai masih cukup baik belum menjadi sangat baik untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan,faktor yang menyebabkan anggota tidak berpartisipasi karena keragaman produk masih kurang lengkap dan juga harga yang ditetapkan masih murah di toko lain,dan upaya untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan perbaiki lagi kinerja usahanya dari yang cukup baik menjadi lebih baik lagi untuk meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan di unit perdagangan Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja usaha , Partisipasi anggota sebagai pelangga,koperasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 29 Oct 2025 08:48
Last Modified: 29 Oct 2025 08:48
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item View Item