Rahayu, Anggi Sri (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA : Studi Kasus pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Serba Usaha (KSU) RW 05 Bukit Ligar, Kab. Bandung – Jawa Barat. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
Cover - Daftar Isi (Anggi Sri Rahayu C1190127) - Anggi Sri Rahayu.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
Bab 1 (Anggi Sri Rahayu C1190127) - Anggi Sri Rahayu.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
Bab 2 (Anggi Sri Rahayu C1190127) - Anggi Sri Rahayu.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
|
Text
Bab 3 (Anggi Sri Rahayu C1190127) - Anggi Sri Rahayu.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text
Bab 4 (Anggi Sri Rahayu C1190127) - Anggi Sri Rahayu.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text
Bab 5 (Anggi Sri Rahayu C1190127) - Anggi Sri Rahayu.pdf Download (96kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka - Anggi Sri Rahayu.pdf Download (133kB) |
Abstract
Anggi Sri Rahayu, 2023. Analisis Kualitas Pelayanan Koperasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota (Studi Kasus pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Serba Usaha (KSU) RW 05 Bukit Ligar), di bawah bimbingan H. Wahyudin dan Ami Purnamawati. KSU RW 05 Bukit Ligar merupakan koperasi yang memiliki tiga unit usaha diantaranya; Unit Simpan Pinjam, Unit Air dan Unit Perdagangan Barang dan Jasa (UPBJ). KSU RW 05 Bukit Ligar berdiri pada tahun 1993, asal usul koperasi ini berdiri disebabkan oleh kekeringan air atau kesusahan air di komplek Bukit Ligar, kemudian disatukan dengan tujuan dan kepentingan bersama dan pada akhirnya dibuatlah koperasi bernama Koperasi Air, seiring dengan berjalannya waktu Koperasi Air berganti nama menjadi Koperasi Serba Usaha RW 05 Bukit Ligar yang dikenal sampai sekarang. Permasalahan yang dihadapi koperasi yang menurun disebabkan oleh kualitas pelayanan koperasi yang harus ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, partisipasi anggota dan upaya untuk meningkatkan partisipasi anggota melalui kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (Case Study), data yang diperoleh melalui analisis secara deskriptif. Hasil pengolahan yang diperoleh melalui wawancara, kuesioner, observasi, studi pustaka dan literatur dianalisis secara deskriptif. Dengan menggunakan skala likert melalui pengukuran skoring setiap indikator penulis bisa menyimpulkan indikator – indikator kualitas pelayanan mana saja yang harus diperhatikan dan ditingkatkan lebih baik lagi oleh koperasi. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan, koperasi dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk anggota dan mendorong partisipasi anggota aktif dalam kegiatan koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan KSU RW 05 Bukit Ligar harus ditingkatkan lagi partisipasi anggota supaya kedepannya koperasi menjadi berkembang ke arah yang lebih baik. Tentunya perkembangan partisipasi anggota perlu diperbaiki oleh para pengurus koperasi, agar kedepannya partisipasi anggota koperasi dapat meningkat dan bisa membuat koperasi berada diposisi yang stabil dalam mengha-dapi pengelolaan koperasi dimasa yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota, Koperasi |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 04:53 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 04:53 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
