KOMUNIKASI PELAYANAN DIGITAL KOPERASI MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Kopmart Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung)

Hanum, Putri Kinkin Azizah (2025) KOMUNIKASI PELAYANAN DIGITAL KOPERASI MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Kopmart Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
COVER PUTRI KINKIN.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB I PUTRI KINKIN.pdf

Download (975kB)
[img] Text
BAB II - PUTRI KINKIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB III PUTRI KINKIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
BAB IV PUTRI KINKIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
BAB V PUTRI KINKIN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PUTRI KINKIN.pdf

Download (284kB)

Abstract

PUTRI KINKIN AZIZAH HANUM. 2025. Komunikasi Pelayanan Digital Instagram Untuk Meningkatkan Kepuasan Anggota. Studi Kasus Pada Unit Usaha Kopmart Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung, di bawah bimbingan Farida. Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung memiliki beberapa unit usaha, salah satunya adalah Kopmart yang bergerak di bidang perdagangan kebutuhan sehari-hari. Permasalahan yang dihadapi oleh unit usaha Kopmart adalah menurunnya partisipasi anggota dalam berbelanja, yang diduga disebabkan oleh kurang optimalnya pelayanan komunikasi digital melalui media sosial, khususnya Instagram. Komunikasi yang bersifat satu arah dan minim interaksi menjadi faktor yang mempengaruhi kepuasan dan kenyamanan anggota sebagai pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kualitas pelayanan komunikasi digital melalui Instagram, tingkat kepuasan anggota, serta hubungan antara keduanya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini Merujuk pada teori komunikasi, pelayanan digital, dan kepuasan pelanggan dalam konteks koperasi. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, serta studi pustaka. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik, menggunakan uji korelasi Rank Spearman untuk melihat hubungan antar variabel, serta analisis analisis ES-QUAL untuk mengidentifikasi dimensi komunikasi pelayanan digital yang perlu ditingkatkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi pelayanan digital melalui Instagram dengan kepuasan anggota sebagai pelanggan. Dimensi komunikasi yang paling perlu diperhatikan adalah daya tanggap (ketanggapan), di mana anggota merasa kebutuhan informasi dan interaksi mereka belum sepenuhnya terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Digital, Pelayanan, Kepuasan Anggota, Instagram, Koperasi Mahasiswa
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KOMUNIKASI BISNIS & PENYULUHAN
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:48
Last Modified: 17 Nov 2025 04:48
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item