RANCANGAN CHATBOT SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT DALAM UPAYA MENGOPTIMALISASI PELAYANAN KEPADA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung)

MARCHIO, GABRIEL (2025) RANCANGAN CHATBOT SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT DALAM UPAYA MENGOPTIMALISASI PELAYANAN KEPADA ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
cover - Gabriel Marchio.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Bab 1 wm - Gabriel Marchio.pdf

Download (385kB)
[img] Text
bab 2 wm - Gabriel Marchio.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
bab 3 wm - Gabriel Marchio.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
bab 4 wm - Gabriel Marchio.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
bab 5 wm - Gabriel Marchio.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Dapus - Gabriel Marchio.pdf

Download (387kB)

Abstract

GABRIEL MARCHIO. 2025. Rancangan Robot Pesan Sebagai Asisten Virtual Dalam Upaya Mengoptimalisasi Pelayanan Kepada Anggota Koperasi. Studi Kasus Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung (KOPMA UNISBA), di bawah bimbingan Heri Nugraha. KOPMA UNISBA merupakan organisasi mahasiswa berbadan hukum yang memiliki 3 unit usaha diantaranya Unit Kopmart, Unit Fotocopy, dan Unit Perdagangan Umum. KOPMA UNISBA memiliki permasalahan yaitu pelayanan kepada anggota yang kurang optimal yang mengakibatkan kualitas pelayanan yang diberikan kurang optimal, maka dari itu pelayanan perlu ditingkatkan kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah model Pesan Robot yang direncanakan sudah sesuai dengan kebutuhan pelayanan anggota KOPMA UNISBA; (2) Bagaimana tingkat akurasi dan kualitas respon Pesan Robot dalam memberikan informasi kepada anggota KOPMA UNISBA; (3) Bagaimana persepsi anggota KOPMA UNISBA terhadap model Chatbot sebagai media pelayanan; (4) Apa saja upaya manajerial dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada anggota di KOPMA UNISBA. Metode yang digunakan adalah air terjun dengan pendekatan kualitatif dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, Analisis kebutuhan dilakukan melalui wawancara yang mengha-silkan daftar fitur Pesan Robot, antara lain: informasi unit usaha, prosedur surat bebas KOPMA, memberikan saran, pendaftaran anggota, serta status keanggotaan. Populasi pada penelitian adalah anggota KOPMA UNISBA. Sampel sebanyak 8 orang yang menjadi informan yang diambil menggunakan sampel bola salju. Hasil rancangan pesan robot dengan metode air terjun menunjukan bahwa: (1) Kesesuaian Rancangan Pesan Robot Dengan Kebutuhan Pelayanan Anggota sudah sesuai; (2) Akurasi dan Kualitas Respon Pesan Robot yang dirancang sudah tepat (3) Persepsi Anggota Terhadap Rancangan Pesan Robot menun-jukan bahwa anggota menyambut positif penerapan Pesan Robot di KOPMA UNISBA; (4) Upaya Manajerial Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Anggota KOPMA UNISBA peneliti menyarankan beberapa saran yang dapat diimplementasikan. Berdasarkan hasil Penelitian, KOPMA UNISBA perlu meningkatkan pelayanan yang diberikan dengan menerapkan sistem Pesan Robot sehingga dapat meningkatkan pelayan kepada anggotanya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Pesan Robot, Pelayanan, Anggota, Rancangan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 25 Nov 2025 04:30
Last Modified: 25 Nov 2025 04:30
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item