PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Unit Usaha Perdagangan Bahan Bangunan Koperasi Warga Semen Gresik - KWSG Cabang Tuban)

Setiawan, Ricky Dwi (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Unit Usaha Perdagangan Bahan Bangunan Koperasi Warga Semen Gresik - KWSG Cabang Tuban). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Ricky Dwi Setiawan, Pengaruh implementasi Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan, studi kasus pada Unit Perdagangan bahan bangunan Koperasi warga Semen Gresik yang beralamat di Jalan Raya Soekarno Hatta Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Tuban, di bawah bimbingan Ir.H.Dady Nurpadi,MP Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Unit perdagangan bahan bangunan KWSG Cabang Tuban. Responden dalam penilitian ini adalah pelanggan yang terdiri dari non anggota 35 orang dan anggota 10 orang. Selain itu digunkan konsep ICA grid untuk mengetahui implementasi jatidiri koperasi dengan menggunakan responden sebanyak 35 orang yang merupakan anggota KWSG. Bedasarkan hasil penelitian loyalitas pelanggan menunjukan kriteria Cukup baik dan Relationship marketing menunjukan kriteria Baik. Sedangkan dalam uji pengaruh dengan menggunakan program SPSS 25.0 terdapat persamaan Y = -1.063 +0.271X1+ 0.059X2+ 0.074X3+0.753X4. Dalam relationship marketing penyelesaian masalah (X4) merupakan faktor yang menjadi dominan dalam menciptakan loyalitas pelanggan, koefisen determinasi atau Rsquare adalah sebesar 0.880 atau sama dengan 88%. Angka tersebut dapat diartikan bahwa Relationship Marketing yang terdiri dari Kepercayaan (X1),Komitmen (X2), Komunikasi (X3), Penanganan Masalah (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 88% sedangkan sisanya 12% dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi atau variabel yang tidak diteliti.Selain itu. Hasil ICA grid menujukan nilai jatidiri koperasi (X) dengan nilai 6 sedangkan daya saing koperasi (Y) dengan nilai 4 yang menunjukan koperasi berada pada kuadran I yang artinya telah menerapkan jatidiri koperasi dengan baik. Dalam manfaat anggota terdiri dari manfaat ekonmi anggota langsung yaitu produk besi dan asbes, sedangkan untuk manfaat ekonomi tidak langsung diberikan dalam bentuk SHU bagian anggota yaitu 60%. Upaya yang harus dilakukan adalah, dengan selalu meberikan penaganan masalah dengan cepat dan akurat, dengan memperbaiki serta meningkatkan sistem jaringan penyampaian informasi kepada pelanggan melalui teknolgi media soaial agar penyampaian informasi dapat diberikan tepat waktu.memberikan kepercayaan penuh dengan pelayanan serta meberikan sikap yang sopan akan mebuat pelanggan merasa lebih percaya dengan KWSG. Selain itu pemberian produk yang berkualitas dan penyesuaian beberapa kebijakan merupakan hal yang harus ditingkatkan demi terciptanya loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Relationship marketing, loyalitas pelanggan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:13
Last Modified: 24 Jan 2021 04:13
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item