MODEL PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BAGI ANGGOTA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus Pada Unit Niaga (Toko) Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD Kota Bandung)

Kurnia, Rinda (2020) MODEL PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BAGI ANGGOTA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus Pada Unit Niaga (Toko) Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (42kB)

Abstract

Rinda Kurnia (2020), Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Bagi Anggota di Era Revolusi Industri 4.0, Studi kasus pada Unit Niaga (Toko) Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD Kota Bandung yang beralamat di Jalan Gatot Subroto No.96 Bandung, Jawa Barat di bawah bimbingan Dr.Ir.Hj. Yuanita Indriani, M.Si dan Siti Nurhayati, Lc,M.A. Primer Koperasi Kartika Viyata Virajati SESKOAD merupakan salah satu Primer Koperasi yang berbasis militer dengan jumlah anggota sebanyak 709 Anggota yang terdiri dari PNS dan militer. Di era revolusi industri 4.0 ini, Unit Niaga (Toko) merupakan salah satu unit usaha yang perlu meningkatkan kualitas pelayanannya menggunakan teknologi yang lebih canggih agar Unit Niaga (Toko) ini dapat terus berkembang menjadi ritel modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran model peningkatan kualitas pelayanan di Unit Niaga (Toko) pada Era Revolusi Industri 4.0 ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus dengan analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa Model Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan menggunakan Model Bisnis Kanvas pada pelayanan online maupun offline di Unit Niaga (Toko) melalui Analisis SWOT. Model Bisnis Kanvas terdiri dari 9 elemen yaitu Customer Segments, Value Preporsition, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structures. Dari hasil penelitian identifikasi Model Bisnis Kanvas dapat diketahui kondisi usaha dalam masing-masing elemen. Customer Segments Unit Niaga (Toko) merupakan Anggota Primer Koperasi. Value Preposition berupa jaminan kualitas dan pelayanan. Channels berupa perantara Unit Niaga (Toko) dengan pelanggan. Customer Relationships perlu mempertahankan hubungan yang sudah baik dengan pelanggan. Revenue Streams dari penjualan barang baik secara online maupun offline. Key Resources terdiri dari Anggota yang berperan sebagai pemilik dan pelanggan, Pengurus, Admin WhatsApp. Key Activities terletak pada proses pencarian barang dari supplier, pengiriman informasi dari Unit Niaga (Toko) kepada Anggota dan proses pengiriman barang. Key Partnerships terdiri dari pemasok barang dan pemberi layanan di Unit Niaga(Toko). Cost Structures terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Peningkatan Kualitas Pelayanan, Analisis SWOT, Era Revolusi Industri 4.0.
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:42
Last Modified: 09 Mar 2023 06:42
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item