ANALISIS KOMITMEN BERKOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Perdagangan Koperasi Konsumen Karyawan Dan Mantan Karyawan (KKMK) “Kamola”, Majalaya)

Dewi, Dea (2020) ANALISIS KOMITMEN BERKOPERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Perdagangan Koperasi Konsumen Karyawan Dan Mantan Karyawan (KKMK) “Kamola”, Majalaya). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB)

Abstract

Dea Lusiana Dewi. Analisis Komitmen Berkoperasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus Pada Unit Usaha Perdagangan Koperasi Konsumen Karyawan Dan Mantan Karyawan (KKMK) “Kamola”,Majalaya). Di bawah bimbingan H. Dindin Burhanudin, SE,M.Sc. Koperasi Konsumen Karyawan Dan Mantan Karyawan (KKMK) “Kamola”,Majalaya merupakan salah satu dari sekian banyak koperasi yang ada di Indonesia yang berupaya meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Usaha yang dilakukan oleh Koperasi “Kamola” untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan membentuk beberapa unit usaha, salah satunya adalah unit perdagangan yang menyediakan barang-barang kebutuhan anggota bukan hanya kebutuhan primer (kebutuhan pokok) saja tetapi juga menyediakan kebutuhan sekunder (kebutuhan penunjang lainnya). Masalah yang terjadi pada unit perdagangan ini adalah kurangnya partisipasi anggota dalam melakukan transaksi pembelian. Salah satu penyebabnya adalah kurang optimalnya penerapan komitmen dalam berkoperasi dikoperasi “Kamola”. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komitmen berkoperasi di unit perdagangan koperasi “Kamola”, kebijakan koperasi dalam meningkatkan komitmen anggota, tingkat partisipasi anggota sebagai pelanggan, hubungan antara komitmen berkoperasi dengan partisipasi anggota sebagai pelanggan dan upaya apa saja yang harus dilakukan oleh koperasi “Kamola” untuk memperbaiki pelaksanaaan komitmen berkoperasi dalam meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Dimana peneliti menggambarkan keadaan yang sebenarnya di tempat penelitian yang dilengkapi dengan hasil wawancara, penyebaran kuesioner dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara, penyebaran kuesioner dan observasi secara langsung, bahwa pelaksanaan komitmen berkoperasi di unit perdagangan koperasi “Kamola” adalah cukup baik, sehingga masih perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaannya agar semua unsur dapat terlaksana dengan lebih baik lagi. Sedangkan tingkat partisipasi anggota yang berkedudukan sebagai pelanggan masuk dalam kategori rendah. Dilakukan pula analisis uji statistik menggunakan Koefisien Korelasi Rank Spearman untuk mengetahui hubungan antara komitmen berkoperasi dengan partisipasi anggota sebagai pelanggan. dengan hasil bahwa hubungan antara Komitmen Berkoperasi dengan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan dikategorikan sangat erat. Jika komitmen berkoperasi meningkat maka akan di ikuti dengan peningkatan partisipasi anggota sebagai pelanggan dikoperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Komitmen Berkoperasi, Partisipasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 21 Mar 2023 08:21
Last Modified: 21 Mar 2023 08:21
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item