ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN PENGURUS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Koperasi Unit Desa “Setia Manggung” Cimanggung)

Yusuf, Septriana Abdulrahman (2019) ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN PENGURUS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Koperasi Unit Desa “Setia Manggung” Cimanggung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB)

Abstract

Septriana Abdulrahman Yusuf. C1150034. Analisis peran kepemimpinan manajemen terhadap kinerja karyawan. Studi Kasus di Koperasi Unit Desa (KUD) Setia Manggung berlokasi di Jalan Parakanmuncang No.247. Di bawah bimbingan Hj. Suarny Amran, SH, MH Koperasi Unit Desa (KUD) Setia Manggung adalah koperasi yang anggotanya adalah masyarakat di sekitar cimanggung yang berprofesi sebagai petani dan karyawan pabrik. Bisnis yang dikelola meliputi Unit Bisnis Tabungan dan Pinjaman (USP), Unit Bisnis Fasilitas Produksi dan Pertanian (SAPROTAN), Unit Bisnis Layanan Pembayaran Bank Online (PPOB) dan Unit Layanan Investasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Keberhasilan KUD Setia Manggung sangat didukung oleh faktor sumber daya manusia. Keberadaan karyawan dalam mengelola unit bisnis diperlukan karena tanpa karyawan, pekerjaan tidak dapat diselesaikan dengan cepat. Oleh karena itu, organisasi koperasi harus diatur sebaik mungkin, yaitu dengan memperhatikan kinerja karyawan dan pembagian tugas yang jelas untuk karyawan dan administrator sehingga akan meningkatkan efektivitas karyawan untuk dapat memberikan layanan yang optimal bagi anggota Peran dewan dalam perusahaan koperasi adalah salah satu faktor dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan organisasi koperasi. Ini karena peran dewan sangat berpengaruh pada pekerjaan karyawan, artinya kemampuan manajer dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin akan mempengaruhi kinerja karyawan. Berdasarkan survei pendahuluan, masalah yang ditemukan di koperasi meliputi kinerja karyawan yang tidak optimal, hal ini diduga karena peran dewan yang ada belum dilaksanakan secara optimal, dan ada tugas yang menggandakan atau menangani satu sama lain sehingga pekerjaan tidak dapat diselesaikan sesuai dengan target atau waktu standar yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen kerja dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan. Hasil penelitian tentang peran administrator dalam KUD telah dilakukan dengan cukup baik, artinya manajemen cukup baik dalam menjalankan tugas, tanggung jawab dan wewenangnya sesuai dengan tugas utama masing-masing. Sedangkan pencapaian kinerja karyawan di KUD dapat dikatakan baik, artinya pekerjaan karyawan dilihat dari kuantitas, kualitas dan waktu kerja cukup efektif walaupun ada beberapa indikator yang belum dilakukan secara optimal seperti akurasi dalam melakukan pekerjaan, akurasi jam kerja dan akurasi dalam menggunakan jeda.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: peran manajemen, kinerja karyawan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 31 May 2021 02:44
Last Modified: 31 May 2021 02:44
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item