PELAKSANAAN PROSEDUR STANDAR OPERASIONAL PEMBERIAN KREDIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Karyawan Harapan Kita Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor - Sumedang)

Haryono, Mega Fitriana (2019) PELAKSANAAN PROSEDUR STANDAR OPERASIONAL PEMBERIAN KREDIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Karyawan Harapan Kita Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor - Sumedang). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB)

Abstract

MEGA FITRIANA HARYONO. Pelaksanaan Prosedur Standar Operasional Pemberian Kredit Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota di Koperasi Karyawan Harapan Kita Sumedang (Studi Kasus). (Di bawah bimbingan Dindin Burhanudin). Pentingnya Prosedur Standar Operasional yang berkualitas dan sesuai dengan standar koperasi khususnya di Koperasi Karyawan Harapan Kita merupakan tujuan yang ingin dicapai koperasi. Untuk mendapatkan SOP yang sesuai standar perlu adanya dukungan dari semua yang terlibat yaitu pengurus koperasi dan anggota. Prosedur Standar Operasional Pemberian Kredit di Koperasi Karyawan Harapan Kita dalam menjalankan kebijakan berdampak pada kepuasan anggota, karena ketika kebijakan tidak bisa dibuat secara tertulis, sistematika dan teratur maka hasil yang ingin dicapai pun tidak akan optimal. Sikap pengurus dalam mencapai tujuan koperasi ini harus mampu membuat SOP Pemberian kredit yang jelas dan tertulis sehingga bisa dijadikan acuan untuk semua yang terlibat di dalam nya, pengurus juga harus mampu menampung aspirasi karyawan demi kepuasan anggota. Berdasarkan hal tersebut di atas, studi kasus ini mengarahkan penelitiannya ke arah analisis deskriptif, faktor-faktornya (variabel-veriabel) pada segi prosedur standar operasional pemberian kredit, kepuasan anggota, dan segi upaya pengurus dalam meningkatkan kepuasan anggota. Dari hasil penelitian ini diperoleh gambaran bahwa dalam prosedur standar operasional pemberian kredit masih ada yang harus yang diperbaiki lagi, khususnya variabel SOP tidak tertulis, karena masih banyak karyawan yang ingin mengajukan kredit tidak sesuai dengan SOP yang ada, sehingga pengurus masih harus membuat kebijakan di luar dari SOP yang telah dibuat. Maka dari itu studi kasus ini dapat disimpulkan bahwa koperasi karyawan harapan kita terdapat masalah yang harus diselesaikan karena manfaat dari patuh nya terhadap SOP dapat dirasakan oleh semua pihak yang ada pada koperasi terutama dampak terhadap pelayanan kepada anggota akan sangat baik dan memberikan kepuasan kepada anggota koperasi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Standar Operasional, Kepuasan Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:28
Last Modified: 10 Mar 2023 08:28
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item