Ramdhani, Mohamad Fajar (2014) ANALISIS PELAYANAN WESERDA TD MART DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Keluarga Besar IKOPIN). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (128kB) |
Abstract
Tujuannya di dirikan Unit Usaha Td MartKKB IKOPIN dimaksudkan untuk memberikan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan para anggota, melalui penyediaan kebutuhan sehari-hari seperti peralatan mandi, makanan-minuman ringan dan lain-lain. Namun dalam pelaksanaan tampaknya koperasi masih belum dapat memberikan pelayanan secara maksimal kepada anggotanya. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan terhadap 17 anggota KKB IKOPIN, rata-rata anggota menyatakan bahwa pelayanan di unit usaha TD mart di unit usaha TD mart KKB IKOPIN belum berjalan maksimal. kurang strateginya tempat sehingga pelayanan yang di berikan kurang maksimal dan kurang lengkap barang-barang yang tersedia sehingga kebutuhan anggota tidak terpenuhi manjadi keluhan para anggota. Dengan persaingan yang ada sekarang ini tidak menutup kemungkinan anggota beralih berbelanja ke pengecer lain. Partisipasi pada dasarnya merupakan peran para anggota dengan harapan untuk memperoleh keuntungan atau mamfaat. Agar di peroleh partisipasi anggota sesuai yang di harapkan, maka koperasi harum mampu memberi mangfaat yang diharapkan pula oleh anggota. Berdasarkan hasil penelitiam setelah melakukan penelahan terhadap kedudukan diri setiap unsur pelaksanaan pelayanan berdasarkan diagram certasius dan tanggapan serta anggota, maka di peroleh upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan pelayanan di unit TD Mart KKB IKOPIN untuk tiap indikator yang lebih baik kepada anggota, antara lain yaituh : 1. KKB IKOPIN harus cepat mengupayakan peningkatan pelayanan pada user pelayanan yang berkaitan pada jenis produk, kelengkapan mark harga yang lebih muran dan strategis menjadi harapan anggota 2. Karena unsur pelayanan pegawai dan kualitas barang di rasa sudah baik pelaksanaan nya oleh anggota manajemen harus bisa mempertahankannya dan berusaha meningkatkan kembali pelayanan yang di berikan demi tercipta partisipasi yang lebih tinggi . 3. manajemen harus mengupayakan untuk memperindah penampilan toko dan lebih menghidupkan lagi suasana toko. contohnya memberian alunan musik dan dekorasi toko yang menarik. 4. Penataan barang, ketersediaan barang, tempat parkir dan waktu buka/tutup toko dirasa sudah cukup baik pelaksanaanya tetapi manajemen jangan cepat puas dan terus melakukan pembaikan demi terciptanya partisipasi. Kesimpulam ada beberapa saran sebagai masukan untuk perbaikan di unit TD Mart KKB IKOPIN yaitu : 1. Untuk mempertahankan dan meningkatkan pendapatan usaha TD Mart KKB IKOPIN, Maka perlu diadakan perbaikan langsung terhadap tingkat pelaksanaan pelayanan dari tingkat kepuasan anggota. 2. Hendaknya pengolaan toko setiap akhir bulan menganalisa dan mencatat lebih rinci dari hasil transaksi , sehingga dapat diketahui barang-barang mana saja yang mempunyai perputaran tinggi dan mana saja yang mempunyai tingkat perputaran yang rendah serta menentukan jenis barang barang apa saja yang paling banyak dibutuhkan oleh anggota dan selalu menyediakan barang-barang tersebut.Dengan demikian anggota akan merasa puas untuk selalu berbekanja seluru kebutuhannya sekaligus tanpa harus mencari barang yang dibutuhkan kepengecer lain 3. Manajemen harus mencari cara mempermudah sistem pembayaran simpanan wajib karna sebagian besar anggota tidak lagi aktif karna malas membayar simpanan wajib. 4. Perlu di rencanakan kembali untuk memilih lokasi yang strategis agar meningkatkan kembali partisipasi anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Weserda TD mart, Partisipasi Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 07:47 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 07:47 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |