ANALISIS SWOT BISNIS RITEL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UNIT USAHA WASERDA KPDK 12 JULI (Studi Kasus Pada Koperasi KPDK 12 Juli Jawa Barat di Kota Bandung)

Sari, Citra Nur (2021) ANALISIS SWOT BISNIS RITEL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UNIT USAHA WASERDA KPDK 12 JULI (Studi Kasus Pada Koperasi KPDK 12 Juli Jawa Barat di Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (53kB)

Abstract

Citra nur sari. 2021. Analisis Swot Binsis Ritel Dalam Upaya Pengembangan Unit Usaha Waserda KPDK 12 Juli studi kasus pada koperasi KPDK 12 Juli Jawa Barat yang bertempat di jalan Soekarno Hatta No. 75 Sekejati- Bandung. Dibawah bimbingan ibu Endang Wahyuningsih. Dalam dunia bisnis ritel, penjualan merupakan salah satu faktor penting yang harus terus diperhatikan, karena penjualan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis yang dijalankan.WASERDA KPDK 12 Juli Bandung merupakan salah satu unit usaha yang dimiliki dan dijalankan oleh Koperasi Pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat 12 Juli. Tingkat penjualan di WASERDA KPDK 12 Juli terus mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penyebab dari penurunan tingkat penjualan tersebut tejadi karena kurangnya pengelolaan pada manajemen bisnis ritel serta keberadaan pesaing dengan bisnis serupa. Tujuan dilakukannya kajian ini adalah untuk menganalisa strategi bisnis ritel guna mengetahui strategi mana yang paling tepat untuk digunakan oleh WASERDA KPDK 12 Juli Bandung dalam upaya meningkatkan penjualannya. Adapun metode yang digunakan dalam kajian ini adalah Analisis SWOT. Analisis ini menggunakan kuisioner dimana responden merupakan karyawan koperasi yang seluruhnya berjumlah 15 orang. Nantinya hasil kuisioner ini dapat membantu penelitian dalam mengetahui bagaimana kondisi internal ( faktor kekuatan dan kelemahan ) dan kondisi eksternal ( faktor peluang dan ancaman ) yang terjadi pada usaha ritel WASERDA KPDK 12 Juli Bandung. Penggunaan analisis SWOT yang efektif merupakan salah satu alat strategis guna membantu mengetahui faktor internal atau IFAS dan faktor eksternal atau EFAS yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh koperasi dan membantu dalam menentukan strategi yang tepat digunakan oleh koperasi. Hasil analisis SWOT usaha ritel WASERDA KPDK 12 Juli Bandung berada di kuadran II,yaitu mendukung strategi Diversifikasi,alternatif strategi yang tepat yaitu strategi S-T yang memungkinkan WASERDA KPDK 12 Juli dalam meningkatkan penjualannya adalah : 1. Terus meningkat kualitas pelayanan yang sudah baik agar dapat bertahan dan mengejar para pesaing yang sudah berkembang lebih pesat 2. Mempertahankan dan menjaga kualitas produk serta melakukan inovasi produk untuk mengatasi ancaman pesaing 3. Mengembangkan produk dengan terus menambah variasi produk agar lebih lengkap dan tidak kalah dengan pesaing dan 4. Memanfaatkan poin plus pada reputasi yang baik diperbankan sehingga dapat mempertahankan kerjasama yang produktif sehingga menguntungkan kedua belah pihak. Dengan menjalin kemitraan tersebut diharapkan koperasi mendapatkan keuntungan yaitu mempermudah pelayanan keungan pada anggota sehingga masyarakat tertarik untuk datang ke koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: SWOT Bisnis Ritel, Unit Usaha
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 15 May 2023 08:45
Last Modified: 15 May 2023 08:45
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item