PERANAN MANAJEMEN PIUTANG DALAM UPAYA MEMPERLANCAR PENGUMPULAN PIUTANG (Studi Kasus pada Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan KKMK Kamola, Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung)

Suganda, Lavega Putri Neda (2021) PERANAN MANAJEMEN PIUTANG DALAM UPAYA MEMPERLANCAR PENGUMPULAN PIUTANG (Studi Kasus pada Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan KKMK Kamola, Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (59kB)

Abstract

LAVEGA PUTRI NEDA SUGANDA, 2017. Peranan Manajemen Piutang dalam Upaya Memperlancar Pengumpulan Piutang pada Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan (KKMK) Kamola, Majalaya Kabupaten Bandung. Pembimbing Agus Arifin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan manajemen dalam upaya memperlancar pengumpulan piutang pada Koperasi KKMK Kamola. Jenis data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dilakukan secara deskripsi dengan pendekatan kuantitatif dan pengamatan langsung. Koperasi KKMK Komala memiliki tiga unit usaha, di antaranya unit simpan pinjam, perdagangan, dan jasa pembayaran listrik. Fokus penelitian pada unit simpan pinjam yang tingkat kinerja tahunannya 2016-2020 berada di 5% lebih. Berdasarkan Non Performing Loan (NPL), lebih dari 5% berkategori sangat buruk. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa perencanaan pengumpulan piutang tidak efektif, tidak ada jaminan terikat dalam penyaringan pelanggan, dan resiko kredit koperasi berada di atas 40,40% pada tahun 2020 dengan kategori tidak sehat. Upaya Koperasi KKMK dalam mengatasi pinjaman bermasalah tersebut masih dengan cara menghubungi, memberikan surat teguran, melakukan negosiasi dengan pihak Koperasi, hingga pemberian Surat Pengakuan Hutang (SPH) disertai tanda tangan bermaterai

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Piutang, Upaya Memperlancar Pengumpulan Piutang
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:54
Last Modified: 10 Mar 2023 06:54
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item