Ramadhani, Suci (2021) ANALISIS KINERJA KOPERASI DALAM MEMBERIKAN MANFAAT EKONOMI ANGGOTA (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Mitra Jaya Mandiri, Ciwidey Kabupaten Bandung Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (45kB) |
Abstract
Suci Ramadhani.M (C1170002). “Analisis Kinerja Koperasi dalam Memberikan Manfaat Ekonomi Anggota (Studi kasus pada Koperasi Serba Usaha Mitra Jaya Mandiri, Ciwidey Kabupaten Bandung Jawa Barat)”. Skripsi jurusan Manajemen Keuangan, Program Studi Manajemen, Institut Manajemen Koperasi Indonesia, dibawah bimbingan Dr. H. Indra Fahmi, Ir., M.Si KSU Mitra Jaya Mandiri beranggotakan para peternak yang berada di wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung, yang memilki tiga unit usaha yaitu usaha susu, usaha, perdagangan, dan usaha simpan pinjam. Sebagai badan usaha, koperasi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya dengan memberikan manfaat bagi anggota dengan harus memiliki kinerja yang baik. Pengukuran kinerja bertujuan untuk mengukur sejauhmana keberhasilan yang telah dicapai oleh koperasi untuk mengevaluasikan kinerja di masa lalu untuk melakukan perbaikan di masa yang akan datang. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Economic Value Added (EVA). Adapum tujuan penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui pelayanan koperasi dilihat dari omsetnya menggunakan 4p; 2. Untuk mengetahui kinerja keuangan diukur dengan metode Economic Value Added (EVA); 3. Untuk mengetahui Promosi Ekonomi Anggota (PEA). Sehingga maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja koperasi dalam memberikan manfaat ekonomi anggota. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang menitikberatkan pada analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan pada hasil analisis data yang dilakukan penulis pada KSU Mitra Jaya Mandiri adalah pelayanan koperasi dilihat dari omsetnya menggunakan 4p yaitu menunjukkan dimana pelayanan yang diberikan oleh koperasi dapat dirasakan oleh anggota melalui yaitu ketersediaan dan kualitas produk (product), dan harga (price) yang dirasakan oleh anggota melalui Manfaat Ekonomi Langsung (MEL) pada unit susu dan perdagangan dan Manfaat Ekonomi Langsung berupa SHU bagian anggota sesuai dengan jasa besarnya jasa transaksi, serta place (tempat) yang strategis. Kinerja keuangan di ukur menggunakan metode economic value added (EVA) mengalami perkembangan dari tahun ketahun dimana nilai EVA pada tahun terakhir yaitu tahun 2020 bernilai positif dalam kriteria (EVA > 0) artinya koperasi berhasil menciptakan nilai tambah ekonomis, hal ini menunjukkan kinerja keuangan koperasi tergolong baik. Promosi Ekonomi Anggota (PEA) terdiri dari Manfaat Ekonomi langsung (MEL) dan Manfaat Ekonomi Tidak Langsung (MELT) dimana menghasilkan nilai positif, artinya koperasi telah optimal dalam memberikan pelayanan kepada anggota dalam bentuk promosi ekonomi yang diperoleh sebagai anggota koperasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Koperasi dilihat dari Omset, Economic Value Added, PEA |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KEUANGAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:11 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 06:11 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |