ANALISIS STRATEGI BISNIS MELALUI PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UNIT TOKO (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Budidaya Buah Batu Kota Bandung)

Nurdiani, Emi Tri (2021) ANALISIS STRATEGI BISNIS MELALUI PENDEKATAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UNIT TOKO (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Budidaya Buah Batu Kota Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB)

Abstract

Emi Tri Nurdiani, Analisis Strategi Bisnis Melalui Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Unit Toko (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha Budidaya Buah Batu, Kota Bandung), di bawah bimbingan Dr. Rima Elya Dasuki, SE., M.Sc. Penulis tertarik melakukan penelitian ini karena berdasarkan data volume penjualan pada unit Toko KSU Budidaya cenderung mengalami penurunan dari lima tahun terakhir. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan sebelumnya terhadap pengurus menyatakan bahwa anggota koperasi kurang aktif dalam bertransaksi di unit Toko KSU Budidaya ini. Setelah melakukan survey terhadap anggota yang berbelanja di Toko Budidaya mengaku bahwa faktor utama yang menyebabkannya adalah kurangnya ketersediaan jenis produk yang bervariasi sehingga pelanggan tidak memiliki pilihan lebih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman mengenai unit usaha Toko Budidaya, sehingga pada akhirnya bisa menentukan strategi bisnis apa yang paling tepat untuk meningkatkan volume penjualan melalui pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Data dan informasi tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai keadaan saat ini. Berdasarkan hasil penelitian dari tahap masukan (input stage) didapat total skor untuk IFAS 3,488 dan total skor EFAS 3,677. Kemudian pada tahap pemaduan (matching stage) dapat diketahui bahwa posisi Toko Budidaya berada pada Kuadran I, yang dapat digambarkan sebagai Growh and Build. Alternatif strategi yang disarankan adalah strategi SO yang memungkinkan Toko Budidaya menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang sebesar�besarnya. Selanjutnya pada tahap penyusunan strategi (decision stage) menggunakan matriks QSPM dapat ketahui bahwa alternatif strategi yang paling menarik untuk diimplementasikan yaitu “Product Development Strategy” Strategi ini memiliki nilai TAS yang paling tinggi diantara alternatif strategi lainnya yaitu sebesar 6,314. Maka strategi bisnis prioritas yang disarankan adalah melengkapi produk yang ada pada unit toko dengan melakukan survey kebutuhan dan kepuasan pelanggan, serta mengembangkan pujasera dengan ragam makanan yang memberikan pilihan lebih kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Quantitative Strategic Planning Matrix, Volume Penjualan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:49
Last Modified: 08 Mar 2023 08:49
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item