-, Karina (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Kartika Viyata Virajati Seskoad Kota Madya Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (41kB) |
Abstract
Karina (C1170351), Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota, Studi Kasus Pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Kartika Viyata Virajati Seskoad kota Madya Bandung di bawah bimbingan Drs. H. Dindin Burhanudin, SE., M.Sc dan Dr. H. Dandan Irawan, SE., M.Sc. Dalam lima tahun terakhir jumlah anggota Koperasi Kartika Viyata Virajati Seskoad selalu mengalami fluktuasi. Salah satu faktor yang diduga menjadi penyebab fluktuasi anggota adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada anggota dirasa kurang maksimal. Kualitas pelayanan yang belum baik membawa pengaruh terhadap kepuasan anggota Koperasi Kartika Viyata Virajati Seskoad khususnya pada unit simpan pinjam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus. Di mana jenis data yang dibutuhkan adalah data primer dan sekunder. Sedangkan sumber data yang diperlukan yaitu dari informan dan responden. Agar data yang diperoleh sesuai dengan masalah yang diteliti, maka akan digunakan cara pengumpulan data yaitu observasi, kuisioner, studi pustaka dan wawancara. Penelitian ini menggunakan sampel 32 orang anggota dengan harapan sampel yang diambil dapat mewakili seluruh populasi. Sementara itu untuk memecahkan masalah yang diteliti, peneliti menggunakan sistem skoring untuk perhitungan kualitas pelayanan dan kepuasan anggota. Berdasarkan hasil pembahasan, diketahui bahwa kualitas pelayanan unit simpan pinjam Koperasi Kartika Viyata Virajati Seskoad telah cukup baik, di mana hal ini ditunjukan dengan hasil jawaban responden terhadap indikator-indikator tentang kualitas pelayanan koperasi termasuk dalam kriteria cukup baik. Akan tetapi masih terdapat penilaian yang kurang baik yaitu kecepatan dalam melayani anggota, prosedur pelayanan, kemampuan pengurus, perhatian terhadap kebutuhan anggota, dan perhatian khusus yang diberikan kepada anggota. Tanggapan dan kesesuaian harapan para anggota koperasi sudah hampir terealisasikan. Akan tetapi belum sepenuhnya mencapai tingkat kepuasan anggota. Dengan koperasi memperbaiki kualitas pelayanan maka diharapkan akan dapat meningkatkan kepuasan anggota. Bila mana kepuasan anggota koperasi terus meningkat dan terpenuhi, maka anggota pun akan loyal dan akan terus melakukan transaksi di koperasi secara maksimal. Koperasi dapat lebih mensejahterakan anggotanya juga untuk lebih meningkatkan jumlah SHU. Pemecahan masalah mengenai peningkatan kualitas pelayanan dalam upaya meningkatkan kepuasan anggota terdapat beberapa alternatif yaitu, Koperasi perlu melakukan perbaikan kecepatan dalam melayani anggota, terutama harus lebih fokus dalam melayani transaksi anggota. Koperasi perlu mengupayakan peningkatkan dalam kemampuan pengurus dengan dilaksanakannya pelatihan perkoperasian bagi seluruh pengurus. Perbaikan prosedur pelayanan yang dinilai belum sesuai dengan harapan anggota
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kuliatas Pelayanan, Kepuasan Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:59 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:59 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |