ANALISIS KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Simpan Pinjam KPRI RSUD Majalaya Mulia Kabupaten Bandung-Jawa Barat)

Damayanti, Syafira Vanya (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Simpan Pinjam KPRI RSUD Majalaya Mulia Kabupaten Bandung-Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan-dikompresi.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Bab 1-dikompresi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Bab 2-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
Bab 3-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
Bab 4-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
Bab 5-dikompresi.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Daftar pustaka-dikompresi.pdf

Download (19kB)

Abstract

KPRI RSUD Majalaya Mulia yang beralamat di Jalan Cipaku No.87 Majalaya. Pada KPRI RSUD Majalaya Mulia terdapat beberapa hambatan, yaitu jumlah pinjaman yang mengalami fluktuasi namun jumlah piutang tidak mengalami hal yang sama melainkan meningkat. Peningkatan jumlah piutang di atas disebabkan kredit macet. Kredit macet pada KPRI RSUD Majalaya Mulia terjadi dikarenakan sering tidak adanya petugas di tempat pelayanan pada saat anggota hendak membayar pinjaman, sehingga anggota mengurungkan niatnya untuk membayar tagihan tepat pada waktunya. Dampak lainnya yaitu dana yang telah dipersiapkan untuk pembayaran terpakai untuk keperluan lainnya, sehingga anggota dapat membayar kembali pinjaman pada tanggal jatuh tempo di bulan berikutnya. Dari fenomena di tersebut maka munculah identifikasi masalah berikut, bagaimana kualitas pelayanan (service quality) yang diberikan USP KPRI RSUD Majalaya Mulia untuk anggota-anggotanya, bagaimana tanggapan dan harapan anggota terhadap kualitas pelayanan (service quality) USP KPRI RSUD Majalaya Mulia, bagaimana hubungan kualitas pelayanan (service quality) dengan kepuasan anggota sebagai pelanggan, upaya perbaikan kualitas pelayanan (service quality) bagaimana yang harus dilaksanakan manajemen USP KPRI RSUD Majalaya Mulia untuk meningkatkan kepuasan anggota sebagai pelanggan. Untuk menjawab identifikasi masalah tersebut maka digunakan metode Case Study (studi kasus), adapun responden yang diambil sebanyak 51 orang yang terdiri dari anggota aktif. Untuk mengetahuai kulitas pelayanan yang diberikan dilakukan analisis deskriptif bahwa dari data yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan pengurus kemudian ditabulasikan dan disimpulan. Untuk mengetahui bagaimana tanggapan dan harapan anggota terhadap kualitas pelyanan (Service Quality) yang diberikan USP KPRI RSUD Majalaya Mulia, dengan melihat dari hasil analisis sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dengan menggunakan presentasi dari scoring. Untuk mengetahui bagaimana tingkat kesesuaian kualitas pelayanan (Service Quality) dengan kepuasan anggota sebagai pelanggan, dianalisis dengan menggunakan analisis yang membandingkan antara harapan dan kenyataan, dan diketahui bahwa adanya hubungan antara kualitas pelayanan (service quality) dengan kepuasan anggota sebagai pelanggan, terdapat 3 unsur yang dirasakan cukup memuaskan menurut tanggapan anggota diantaranya, kecepatan transaksi dengan tingkat kesesuaian 53,4%., biaya administrasi dengan tingkat kesesuaian 52,8%, dan tingkat bunga dengan tingkat kesesuaian 51,4%. Upaya perbaikan kualitas pelayanan (Service Quality) bagaimana yang harus dilaksanakan manajemen USP KPRI RSUD Majalaya Mulia untuk meningkatkan kepuasan anggota sebagai pelanggan, yaitu dengan melihat hasil analisis menggunakan diagram kartesius prioritas utama yang mana hal tersebut perlu mengalami perbaikan-perbaikan guna meningkatkan kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan,Kepuasan Anggota Sebagai Pelanggan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:18
Last Modified: 28 Feb 2023 07:18
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item