Silalahi, Irsyad Syadi (2021) ANALISIS MANAJEMEN TOKO RITEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELANJA ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi kasus pada TD Mart KKB IKOPIN). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (58kB) |
Abstract
Irsyad Syadi Silalahi. Analisis Manajemen Toko Ritel Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Belanja Anggota Sebagai Pelanggan (Studi kasus pada unit TD Mart KKB IKOPIN). Di bawah bimbingan Dr. Inne Risnaningsih, SE., M.Si KKB IKOPIN merupakan salah satu dari sekian banyak koperasi yang ada di Indonesia yang berupaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Usaha yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan membentuk beberapa unit usaha, salah satunya adalah TD Mart yang menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dan kebutuhan konsumsi. Masalah yang terjadi pada TD Mart adalah kurangnya partisipasi anggota dalam melakukan transaksi pembelian. Salah satu penyebabnya adalah kurang optimalnya manajemen toko ritel yang diterapkan oleh TD Mart. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen toko ritel yang telah dilaksanakan di unit TD Mart, tingkat partisipasi belanja anggota sebagai pelanggan, hubungan antara manajemen toko ritel dengan partisipasi belanja anggota sebagai pelanggan, dan apa saja upaya yang harus dilakukan TD Mart untuk meningkatkan partisipasi belanja anggota. Adapun metode yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Dimana peneliti menggambarkan keadaan di tempat penelitian yang diiringi dengan hasil wawancara dan kuesioner yang disebarkan ke beberapa anggota yang telah dipilih menjadi responden.Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan kuesioner, didapati bahwa pelaksanaan pengelolaan toko di TD Mart sudah cukup baik namaun ada beberapa indikator yang belum maksimal pelaksanaan nya dan tingkat partisipasi anggota yang berkedudukan sebagai pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian masuk dalam kategori rendah.Dilakukan pula pengujian menggunakan rank spearman untuk mengetahui hubungan antara manajemen toko ritel terhadap partisipasi belanja anggota sebagai pelanggan. Dan didapati hasil bahwa hubungan antara manajemen toko ritel dengan tingkat partisipasi belanja anggota sebagai pelanggan adalah Cukup/sedang. Pihak TD Mart harus memperhatikan beberapa indikator manajemen toko ritel yang dinilai oleh anggota masih kurang baik dan berupaya memperbaikinya seperti pengadaan Delivery menambah variasi produk, menambah banyak nya pilihan brand serta promosi toko.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toko Ritel, Partisipasi Belanja Anggota |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:23 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:23 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |