Siagian, Yohana Sagita (2021) ANALISIS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKANPARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Simpan Pinjam KPRI Hikmah Guru Cikeruh). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
Deftar Pustaka.pdf Download (83kB) |
Abstract
Yohana Sagita Siagian (C1170287), Analisis Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan. Pada Simpan PinjamKPRI Hikmah Guru Cikeruh Kab.Sumedang, dibawah bimbingan Hj.Yeni Wipartini, SE. M.Ti. Penelitian ini dilakukan pada KPRI Hikmah Guru Cikeruh yang memiliki usaha simpan pinjam yang menyediakan pelayanan jasa bagi anggota yang ingin menyimpan dan juga meminjam. Anggota KPRI Hikmah Guru yang terdiri dari Guru SDN Guru SMP, Guru SMA dan Pensiunan.Pelaksanaan pelayanan yang diberikan pihak KPRI Hikmah Guru terhadap anggota sudah cukup baik dilakukan dan terus berusaha memberikan pelayanan yang baik untuk meningkatkan partisipasi anggota. Pelayanan yang diberikan salah satu hal yang terpenting dalam usaha koperasi untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani anggota, keinginan dan kebutuhan yang diperlukan anggota pada saat mengunakan jasa koperasi. Sehubungan dengan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelayanan dalam meningkatkan partisipasi anggota sebagai pelanggan.Dalam penelitian ini dilakukan terhadap responden dengan mengambil sampel sebanyak 35 anggota, dengan menggunakan metode studi kasus yang merupakan salah satu metode deskriptif analisis. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada responden yaitu anggota KPRI Hikmah Guru. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan pelayanan menggunakan kuesioner pada koperasi termasuk dalam kategori baik, dan untuk harapan anggota terhadap pelaksanaan termasuk dalam kategori sangat penting.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Anggota, Pelayanan |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:47 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:47 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |