ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Sapi Perah Divisi Pelayanan Kesehatan Hewan Koperasi Serba Usaha (KSU) Tandangsari Sumedang)

Solehudin, Nanang (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Unit Usaha Sapi Perah Divisi Pelayanan Kesehatan Hewan Koperasi Serba Usaha (KSU) Tandangsari Sumedang). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pusaka.pdf

Download (80kB)

Abstract

Nanang Solehudin, Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota (Studi Kasus Pada Unit Usaha Sapi Perah Divisi Pelayanan Kesehatan Hewan Koperasi KSU Tandangsari Sumedang) di bawah bimbingan Bapak Dady Nurpadi. Dalam lima tahun terakhir jumlah anggota Koperasi KSU Tandangsari terus-menerus mengalami penurunan. Salah satu faktor yang diduga menjadi penyebab penurunan anggota adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada anggota dirasa kurang maksimal. Dimana petugas/ karyawan kesehatan hewan sering tidak tepat waktu dalam menjalankan tugasnya selain itu petugas kurang memahami beberapa permasalahan yang ada dilapangan dan kurangnya petugas/ karyawan pada divisi pelayanan kesehatan hewan. Kualitas pelayanan yang baik membawa pengaruh terhadap kepuasan anggota Koperasi KSU Tandangsari khususnya pada unit sapi perah. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana upaya-upaya yang harus dilakukan pada unit usaha sapi perah divisi pelayanan kesehatan hewan agar dapat meningkatkan kepuasan anggota sebagai pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode studi kasus dengan teknik skoring. Berdasarkan hasil pembahasan diketahui bahwa kualitas pelayanan unit usaha sapi perah divisi pelayanan kesehatan hewan koperasi KSU Tandangsari telah baik. Dimana ini ditunjukan dengan hasil jawaban responden terhadap indikator tentang kualitas pelayanan koperasi termasuk dalam kriteria baik.Tanggapan dan kesesuaian harapan anggota koperasi sudah hampir tereliasasikan. Akan tetapi belum sepenuhnya mencapai tingkat kepuasan anggota. Dengan koperasi memperbaiki kualitas pelayanan maka diharapkan akan dapat meningkatkan kepuasan anggota koperasi. Bila mana kepuasan anggota koperasi terus meningkat dan selalu terpenuhi, maka anggota pun akan loyal dan akan terus melakukan transaksi di koperasi dengan maksimal. Pemecahan permasalahan mengenai meningkatkan kualitas pelayanan dalam upaya meningkatkan kepuasan anggota terdapat 4 altenatif, yaitu: 1. Koperasi KSU Tandangsari perlu menambah petugas/ karyawan pada Unit Usaha Sapi Perah divisi pelayanan kesehatan hewan. 2. Koperasi KSU Tandangsari perlu memperhatikan keadaan sapi perah milik anggota dengan lebih teliti. 3. Koperasi perlu memperhatikan kebutuhan anggota, yakni mengenai perhatian khusus terhadap kesehatan sapi perah milik anggota. 4. Pelatihan bagi petugas koperasi perlu dilakukan sebagai upaya peningkatan keterampilan dan kemampuan karyawan dalam melayani anggota

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:11
Last Modified: 13 Feb 2025 06:11
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item View Item