Mutrika, Hesti (2021) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MELALUI METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) (Studi Kasus pada Usaha Kecil Anda Bakery di Kabupaten Madiun, Jawa Timur). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) |
Abstract
Dari perspektif dunia, UMKM memainkan suatu peran yang sangat vital di dalam pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi tidak hanya di negara sedang berkembang tetapi juga di negara maju. Usaha Kecil Anda Bakery merupakan usaha mikro kecil menengah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur yang berdiri pada tahun 2007 telah mengalami pasang surut dalam menjalankan bisnis, yang awalnya hanya memproduksi roti bolu hingga saat ini memproduksi roti paris gulung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pengembangan usaha melalui Business Model Canvas dalam analisis SWOT. Business Model Canvas meliputi 9 elemen yaitu Customer Segments, Value Proposition, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structures. 9 elemen ini akan diidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal pada usaha kecil Anda Bakery. Keputusan strategi pengembangan usaha dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman yang dimiliki oleh Usaha Kecil Anda Bakery.Dari hasil penelitian diperoleh identifikasi dari masing-masing 9 elemen Business Model Canvas. Customer Segments adalah masyarakat Kabupaten Madiun dan sekitarnya. Value Propositions adalah bahan baku berkualitas, kemasan modern dan harga lebih terjangkau. Channels adalah agen penjualan. Customer Relationships adalah jalinan komunikasi dengan pelanggan. Revenue Streams dari penjualan produk kepada konsumen. Key Resources terdiri dari mesin, kendaraan dan sumber daya manusia. Key Activities terdiri dari pengadaan bahan baku, kegiatan produksi dan pemasaran. Key Partnerships adalah pemasok bahan baku dan PT Sriboga Flour Mill. Cost Structure terdiri daribiaya tetap dan biaya variable.Berdasarkan analisis dari diagram SWOT, posisi strategi pengembangan Usaha Kecil Anda Bakery berada pada kuadran II, sehingga strategi yang difokuskan bagi pengembangan usaha yaitu melalui strategi S-T dengan menggunakan kekuatan internal usaha untuk menghadapi ancaman eksternal.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business Model Canvas, SWOT, Strategi Pengembangan Usaha |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:06 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 06:06 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |