ANALISIS KOMPETENSI PELAYANAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Perdagangan di Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya)

Maulana, Ilham Muhamad (2022) ANALISIS KOMPETENSI PELAYANAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Usaha Perdagangan di Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (62kB)

Abstract

Ilham Muhamad Maulana,Analisis Kompetensi Pelayanan Karyawan dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan. Studi kasus pada Koperasi Konsumen MULIA RSUD Majalaya Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dibawah naungan Bapak Udin Hidayat Koperasi Konsumen MULIA RSUD Majalaya mengelola unit usaha yang terdiri dari unit perdagangan, rekanan dan jasa, dan unit simpan pinjam. Melalui unit usaha tersebut koperasi melayani kebutuhan anggotanya danmempertahankan eksistensinya.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan partisipasi anggota sebagai pelanggan setiap tahunnya pada unit perdagangan. Peneliti menduga terdapat beberapa faktor sebagai penyebab menurunnya partisipasi anggota sebagai pelanggan yaitu salah satunya adalah keterampilan dalam pengelolaan usaha yang dilakukan oleh karyawan sesuai dengan uraian tugas dari koperasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa salah satu faktor penyebab turunnya partisipasi anggota sebagai pelanggan adalah kompetensi pelayanan dari karyawan itu sendiri. Penelitian ini memperlihatkan kurang baiknya kompetensi pelayanan karyawan menurut wawancara dan kuisioner kepada anggota koperasi. Penurunan partisipasi anggota sebagai pelanggan di KOPMEN MULIA RSUD Majalaya masih dapat ditingkatkan lagi karena penurunan pada partisipasi anggota kemungkinan adanya faktor dari dampak pandemic, walaupun disamping pandemi pembenahan pada kompetensi karyawan perlu ditingkatkan lagi. Pengoptimalan kompetensi karyawan perlu di galakan kembali sebagai penunjang dalam peningkatan partisipasi anggota sebagai pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pelayanan Karyawan, Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:01
Last Modified: 13 Feb 2025 06:01
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item