PROSES KOMUNIKASI PENGURUS DENGAN ANGGOTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOLEKTIBILITAS KREDIT MACET (Studi Kasus Pada Koperasi “Mitra Usaha” Kabupaten Sumedang)

Sanjaya, Deni (2018) PROSES KOMUNIKASI PENGURUS DENGAN ANGGOTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOLEKTIBILITAS KREDIT MACET (Studi Kasus Pada Koperasi “Mitra Usaha” Kabupaten Sumedang). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (27kB)

Abstract

KSP “Mitra Usaha” didirikan oleh para pendiri yang meninginkan perubahan perekonomian untuk masyarakat sekitar dan untuk bisa menampung tenaga kerja di masa waktu yang akan datang. KSP “Mitra Usaha” berdiri pada tahun 1984 dengan Badan Hukum: Nomor.232/BH/DK.10.13./VI/2006 pada tanggal 28 Juni 2006. Lokasi KSP adalah DiDesa Cisempur Gang Masjid No .22 RT 2/05 Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. KSP“Mitra Usaha” Merupakan Koperasi Simpan Pinjam. Fenomena yang terjadi pada koperasi mitra usaha, kurang jelasnya penyampaian komunikasi pengurus kepada anggota dari mulai proses sosialisasi program pinjaman, proses prosedur pencairan, proses prosedur pengembalian,sampai dengan proses prosedur pelunasan. Akan menimbulkan dampak yang memperhambat perputaran uang yang dijalankan usaha koperasi yaitu menjadi kredit macet. Dari fenomena tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana komunikasi pengurus dengan anggota dalam upaya meningkatkan kolektibilitas kredit macet. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif untu menghasilkan data deskriftif, baik berupa kata-kata, ungkapan tertulis maupun lisan dari orang dan prilaku yang diamati.iv Proses komunikasi “Koperasi Simpan Pinjam Mitra Usaha” masih kurang maksimal dilakukan beberapa indikator yang masih mempunyai kelemahan diantaranya, yang pertama; keberadaan ruangan masih kurang memadai yang di sediakan oleh koperasi sehingga banyak keluhan dari anggota yang menyatakan bahwa disaat melakukan proses komunikasi dengan pengurus ruanganya panas, tidak nyaman dan berisik, kedua; anggota memberi pernyataan bahwa disaat melakukan komunikasi dengan pengurus antrian terlalu lama, pengurus terlalu sibuk dengan hal lain, dan alat yang digunakan koperasi masih sistim manual sehingga menyebakan anggota harus lama menunggu pada saat proses sosialisasi program pinjaman samapi dengan proses prosedur pelunasan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pengurus, Kolektibilitas Kredit
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KOMUNIKASI BISNIS & PENYULUHAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 13 Feb 2025 05:52
Last Modified: 13 Feb 2025 05:52
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1686

Actions (login required)

View Item View Item