PENGARUH EKUITAS MEREK ASUS ZENFONE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL PINTAR (Studi Kasus Pada Pengguna Ponsel Pintar Di Jatinangor)

Abdulah, Tatang (2018) PENGARUH EKUITAS MEREK ASUS ZENFONE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL PINTAR (Studi Kasus Pada Pengguna Ponsel Pintar Di Jatinangor). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan produk ponsel pintar yang semakin ketat. Semakin banyaknya merek ponsel pintar yang muncul menawarkan berbagai pilihan yang menarik bagi konsumen. Hal tersebut telah mengakibatkan menurunnya pangsa pasar ponsel pintar merek Asus ZenFone sejak tahun 2016 danjuga berakibat pada turunnya penjualan ponsel pintar merek Asus ZenFone. Penelitian ini secara khusus menguji empat variabel elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh keempat variabel ekuitas merek Asus ZenFone terhadap keputusan pembelian ponsel pintar. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang konsumen pengguna ponsel pintar yang ada di wilayah kecamatan Jatinangor yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis yang dilakukan adalah analisis regresi berganda, adapun tahap-tahap pengujiannya adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui Uji F dan Uji t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 0,912 + 0,285 X1 + 0,261 X2 + 0,219 X3 + 0,320 X4. Pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian yaitu variabel loyalitas merek (X4) yang mempunyai koefisien sebesar 0,320. Untuk urutan kedua diikuti oleh variabel kesadaran merek (X1) dengan koefisien sebesar 0,285. kemudian diikuti oleh variabel asosiasi merek (X2) dengan koefisien sebesar 0,261. Untuk variabel independen yang mempunyai pengaruh paling kecil adalah variabel persepsi kualitas (X3) dengan koefisien sebesar 0,219. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa empat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui Uji t menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN PEMASARAN
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:04
Last Modified: 15 Aug 2024 04:04
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item