ANALISIS PELAKSANAAN FUNGSI PEMASARAN OLEH UNIT USAHA SUSU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISISPASI ANGGOTA SEBAGAI PEMASOK (Studi Kasus Pada Unit Usaha Susu KUD Sarwa Mukti)

Firmansyah, Imam (2018) ANALISIS PELAKSANAAN FUNGSI PEMASARAN OLEH UNIT USAHA SUSU DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISISPASI ANGGOTA SEBAGAI PEMASOK (Studi Kasus Pada Unit Usaha Susu KUD Sarwa Mukti). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Iman Firmansyah (2018), Analisis Pelaksanaan Fungsi Pemasaran Oleh Unit Usaha Susu Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pemasok (Studi Kasus Pada Unit Usaha Susu KUD Sarwa Mukti Cisarua - Kabupaten Bandung). Di bawah bimbingan Dra. Ucu Nurwati, M.Si. KUD “Sarwa Mukti” Cisarua merupakan koperasi serba usaha yang beranggotakan penduduk berprofesi sebagai peternak sapi perah di kecamatan Cisarua dan Parongpong. Koperasi ini memiliki enam unit usaha yaitu unit usaha susu, unit usaha waserda, unit usaha listrik, unit usaha produksi makanan ternak, unit usaha pasteurisasi susu cup dan unit simpan pinjam. Hasil penelitian mengenai fungsi pemasaran yang dilaksanakan oleh unit susu dianalisis dengan melakukan wawancara pada pengurus koperasi. Dapat diketahui bahwa pelaksanaan fungsi pemasaran pada unit usaha susu dapat memberikan manfaat langsung yang nantinya berakibat pada peningkatan pelayanan berupa penetapan standar kualitas susu dan cara pembayaran susu. Hasil penelitian mengenai tanggapan dan harapan anggota terhadap fungsi pemasaran dianalisis dengan hasil rekapitulasi kuesioner pada anggota, dimana hasilnya menunjukkan kriteria baik. Setelah dilakukan pengurutan masing-masing unsur ternyata tingkat tanggapannya yang baik adalah hasil produksi susu sapi dapat diterima seluruhnya oleh koperasi dan yang paling rendah adalah memberikan pakan ternak kepada anggota. Sedangkan dari tingkat harapan anggota yang paling tinggi adalah 175. Hasil penelitian mengenai Upaya Perbaikan fungsi pemasaran dengan memperhatikan yaitu : memperhatikan pakan ternak, penanganan sapi mati dan permodalan usaha anggota. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pihak manajemen koperasi dapat memperbaiki fungsi pemasaran terutama pada unit susu sapi sehingga dapat meningkatkan partisipasi anggota karena kebutuhannya sebagai anggota telah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Fungsi Usaha, Unit Usaha, Partisispasi Anggota
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:49
Last Modified: 15 Aug 2024 06:49
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item