Margatama, Didik Dwi (2019) ANALISIS DISIPLIN KERJA KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA ANGGOTA (Studi kasus pada KPRI Hanukarya Bandung). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
![]() |
Text
Halaman Depan_compressed.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
Bab 1_compressed.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
Bab 2_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
![]() |
Text
Bab 3_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
![]() |
Text
Bab 4_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
![]() |
Text
Bab 5_compressed.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_compressed.pdf Download (117kB) |
Abstract
Didik Dwi Margatama 2019, Analisis Disiplin Kerja Karyawan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Anggota, di bawah bimbingan Bapak Udin Hidayat. Koperasi Republik Indonesia Hanukarya Bandung, berlokasi dijalan Suryani No.16 Bandung. KPRI Hanukarya memiliki 4 unit usaha diantaranya unit usaha simpan pinjam, unit usaha warung serba ada, unit usaha pelayanan transportasi, dan unit jasa pelayanan sound system. Dalam mengelola kegiatannya KPRI Hanukarya dibantu oleh 13 karyawan. Adapun Fenomena yang terjadi pada KPRI Hanukarya adalah ketidakhadiran karyawan yang terbilang sering, adanya karyawan yang sering keluar masuk untuk kepentingan lain yang tidak berhubungan dengan tugas koperasi tanpa terlebih dahulu meminta izin, keterlambatan karyawan dalam menyampaikan laporan tugas, anggota mengeluhkan pelayanan yang kurang maksimal yang mengakibatkan sering terjadi beberapa antrian pada transaksi di waserda, beberapa anggota mengeluhkan pelayanan dikarenakan karyawan sering meninggalkan toko dan mencari pengganti sementara, sehingga disaat karyawan bertransaksi tidak mencatat nomor anggota, bahkan disaat anggota berbelanja barang kebutuhan karyawan sering lupa memasukan beberapa barang, kurangnya ketelitian karyawan pada saat anggota bertransaksi dikoperasi, waktu berakhir jam pelayanan tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa disiplin kerja pada KPRI Hanukarya secara keseluruhan telah dilaksanakan dengan baik artinya karyawan dalam melaksanakan tugasnya dalam kriteria ini baik tetapi masih perlu adanya indikator yang ditingkatkan lagi yaitu ketepatan berakhirnya jam kerja dan melaksanakan tugas sesuai jabatan. Pada KPRI Hanukarya berdasarkan hasil penelitian kualitas pelayanan kepada anggota termasuk kedalam kriteria cukup baik. Artinya pelayanan yang diberikan karyawan kepada anggota sudah sesuai kriteria tetapi masih perlu adanya indicator yang ditingkatkan yaitu kesediaan karyawan memberikan informasi kepada anggota, kesediaan karyawan menangani keluhan yang dirasakan anggota. Adapun upaya yang harus diperhatikan oleh KPRI Hanukarya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota adalah sebagai berikut : karyawan harus bersedia menangani keluhan yang dirasakan oleh anggota karyawan harus bersedia memberikan informasi kepada anggota, karyawan harus melayani anggota sesuai antrian karyawan harus melayani anggota dengan cepat karyawan harus melayani anggota dengan tepat kemampuan karyawan dalam mengerjakan tugas harus dengan baik dalam melayani anggota, karyawan diwajibkan menepati janji ketika ada anggota yang ingin memesan barang, karyawan harus mengutamakan kebutuhan anggota.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja |
Subjects: | S1 - SKRIPSI |
Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
Depositing User: | Febrian Ricky |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 05:12 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 05:12 |
URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |