ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada UKM Catering “Ais Snack” Anggota Dari Paguyuban Bogarasa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah)

Abdal Ilah, Ala (2018) ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada UKM Catering “Ais Snack” Anggota Dari Paguyuban Bogarasa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (739kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (756kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (735kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (734kB)

Abstract

Ala Abdal Ilah, Analisis strategi bisnis dalam upaya memenuhi permintaan konsumen studi kasus pada usaha kecil menengah catering "Ais Snack" anggota dari paguyuban Bogarasa Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Penelitian ini di bawah bimbingan oleh Dr. Maman Suratman, Drs., Msi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi perusahaan catering "Ais Snack" dalam memenuhi permintaan konsumen dan mengetahui strategi yang cocok digunakan. Analisis yang digunakan adalah melalui analisis Strenghts, Weakness, Opportunities and Threats (SWOT). Penyusunan strategi dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman dengan melihat Internal Factor Strategy (IFAS) dan Eksternal Factor Strategy (EFAS). Metode yang digunakan adalah analisis Matriks Internal-Eksternal (IE). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Dari penelitian yang diketahui posisi catering "Ais Snack" anggota paguyuban Bogarasa berada pada kuadran II yaitu strategi pertumbuhan atau strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal. Strategi ini dapat dilakukan yaitu dengan memperluas pasar, fasilitas produksi dan teknologi melalui pengembangan internal dan eksternal melalui akuisisi atau joint venture dengan pengusaha lain pada industri yang sama. strategi bisnis yang cocok digunakan ais snack adalah dengan cara perluasan pasar, pengembangan pasar, mengganti alat produksi yang lebih modern, menambah jumlah dan kualitas produksi dan memperbaiki proses produksi. Saran yang diberikan untuk catering "Ais Snack" adalah koperasi yang memberikan dukungan, meminimalkan kelemahan yang dimiliki terutama untuk kepuasan pelanggan, mengadakan pelatihan kepada karyawan, menambah alat produksi yang lebih modern, memperbaiki pengaturan manajemen dan bekerjasama dengan paguyuban untuk pendistribusian produk pesanan kepada seluruh anggota paguyuban. Aspek pemasaran dan produksi menjadi kunci utama pada usaha catering ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi bisnis, Analisis SWOT, Manajemen Strategi, Permintaan Konsumen.
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:41
Last Modified: 06 Mar 2023 08:41
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item