ANALISIS BISNIS DALAM UPAYA MENETAPKAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA (Studi Kasus Pada Unit Perdagangan Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Karya Modal Lancar)

Besty, Berliana (2022) ANALISIS BISNIS DALAM UPAYA MENETAPKAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA (Studi Kasus Pada Unit Perdagangan Koperasi Konsumen Karyawan dan Mantan Karyawan Karya Modal Lancar). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan di bidang usaha dan perdagangan yang semakin meningkat di era globalisasi saat ini serta adanya penurunan volume penjualan dan pendapatan di tahun 2021 pada unit perdagangan koperasi KKMK mart yang merupakan salah satu unit usaha yang dimiliki koperasi KKMK “Kamola” yang berada di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi unit perdagangan KKMK mart dilihat dari model bisnis yang dijalankan menggunakan Business Model Canvas serta melalui analisis SWOT dalam upaya menentukan strategi pengembangan usaha yang dapat dilakukan. Penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dengan teknik analisis kuantitatif-deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh identifikasi dari masing-masing sembilan elemen Business Model Canvas. Customer Segments anggota koperasi dan masyarakat sekitar. Value Propositions adalah harga terjangkau, adanya fitur retur, lokasi strategis dan adanya pilihan pembayaran kredit. Channels melalui unit toko maupun KKMK mobile. Customer Relationships adalah jalinan komunikasi dengan pelanggan secara langsung dan lewat media sosial WhatsApp. Revenue Streams dari penjualan produk konsumsi dan konsumtif. Key Resources terdiri dari bangunan, kendaraan, intelektual, finansial dan sumber daya manusia. Key Activities terdiri dari membuka toko, merapihkan display produk dan cek kadaluarsa, restock produk, melayani transaksi, dan rekapitulasi transaksi harian. Key Partnerships terdiri dari sembilan supplier. Cost Structure terdiri dari biayatetap dan biaya variabel. Berdasarkan analisis dari diagram SWOT, posisi strategi pengembangan KKMK mart berada pada kuadran I, sehingga strategi yang dapat dilakukan untuk mengembangan usaha yaitu melalui strategi S-O dengan memaksimalkan kekuatan internal yang dimiliki serta memanfaatkan peluang yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Bisnis, Business Model Canvas, Analisis SWOT, Strategi Pengembangan Usaha
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:29
Last Modified: 11 Feb 2025 08:29
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item