Hertati, Tatat (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MELALUI KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada SMK Yayasan Pembina Pendidikan dan Sosial (YPPS) Sumedang). Masters (S2) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
|
Text
01 COVER, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN TTD - Dahlia.pdf Download (294kB) |
|
|
Text
02 BAB 1 - Dahlia.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
03 BAB II - Dahlia.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
|
|
Text
04 BAB III - Dahlia.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
|
Text
05 BAB IV - Dahlia_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
|
|
Text
06 BAB V - Dahlia.pdf Download (21kB) |
|
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA - Dahlia.pdf Download (186kB) |
Abstract
Tatat Hertati, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada SMK Yayasan Pembina Pendidikan dan Sosial (YPPS) Sumedang). Di bawah bimbingan Dr. Heri Nugraha, S.E., M.Si sebagai Ketua Komisi Pembimbing dan Sukmahadi, S.E., M.Si., Ak., sebagai anggota komisi pembimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Sejauhmana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Yayasan Pembina Pendidikan dan Sosial (YPPS) Sumedang; 2) Sejauhmana pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Yayasan Pembina Pendidikan dan Sosial (YPPS) Sumedang; 3) Sejauhmana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa melalui kompetensi guru di SMK Yayasan Pembina Pendidikan dan Sosial (YPPS) Sumedang; 4) Sejauhmana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Yayasan Pembina Pendidikan dan Sosial (YPPS) Sumedang melalui kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru. Metode penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda yang dilakukan pada sampel penelitian sebanyak 26 guru di SMK Yayasan Pembina Pendidikan dan Sosial (YPPS) Sumedang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh langsung sebesar 0,343 terhadap prestasi belajar siswa, kompetensi guru memberikan pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,670. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru sebesar 0,929 dengan R Square (R2) sebesar 0,863 yang berarti 86,3% kepemimpinan kepala sekolah dipengaruhi oleh kompetensi guru. Pengaruh langsung kepemipinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa adalah 0,343 sedangkan pengaruh tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap pretasi belajar siswa 0,229 menghasilkan total pengaruh 0,572. Secara simultan kepemimpinan kepala sekolah melalui kompetensi guru memberikan pengaruh 99,2% terhadap pretasi belajar siswa, dengan 0,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penyediaan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran, penerapan metode pembelajaran aktif, peningkatan kualtias guru, dan pemberian pengakuan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, prestasi belajar siswa |
| Subjects: | S2 - THESIS |
| Divisions: | PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN > MANAJEMEN PENDIDIKAN |
| Depositing User: | Ana Farkhana |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 03:47 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 03:47 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2541 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
