ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Niaga Kopkar PD Kebersihan Kota Bandung “Dharma Nirmala”)

Maulana, Mochamad Fajar (2019) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN (Studi Kasus Pada Unit Niaga Kopkar PD Kebersihan Kota Bandung “Dharma Nirmala”). Skripsi (S1) thesis, Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Daftar Pustka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Mochamad Fajar Maulana (C1150136), Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, studi kasus pada Unit Usaha Niaga Kopkar PD Kebersihan Kota Bandung “Dharma Nirmala” Jl. Cikutra Barat No.104 Kota Bandung, Jawa Barat, di bawah bimbingan Udin Hidayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai partisipasi anggota sebagai pelanggan pada Unit Usaha Niaga Kopkar PD Kebersihan Kota Bandung “Dharma Nirmala” dan juga pelayanan yang diberikan unit usaha serta tanggapan anggota mengenai pelaksanaan serta harapan pelayanan yang diberikan oleh Kopkar PD Kebersihan Kota Bandung “Dharma Nirmala” di unit usaha Niaga. Partisipasi anggota dapat ditingkatkan salah satunya melalui peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Koperasi. Pelayanan tersebut tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Untuk kasus pada Unit Usaha Niaga Kopkar PD Kebersihan Kota Bandung “Dharma Nirmala”, digunakan pendekatan pelayanan yaitu pelayanan jasa. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa partisipasi anggota sebagai pelanggan di Unit Usaha Niaga dinilai masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Pelayanan di Unit Usaha Niaga kualitas pelayanan yang harus diprioritaskan untuk ditingkatkan lagi seperti indikator sarana parkir, kemudahan menghubungi karyawan, tindakan cepat dan tanggap oleh karyawan saat anggota membutuhkan bantuan, pemberian informasi jelas dan mudah dimengerti. Maka agar partisipasi anggota di Kopkar PD Kebersihan Kota Bandung “Dharma Nirmala”, maka upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan,Meningkatkan Partisipasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Febrian Ricky
Date Deposited: 20 Jun 2025 07:55
Last Modified: 20 Jun 2025 07:55
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item