MODEL KOMUNIKASI PENGURUS DENGAN ANGGOTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN ANGGOTA UNTUK MEMBAYAR SIMPANAN WAJIB (Studi Kasus pada Koperasi Konsumen Ranca Badak Bandung)

Agustin, Widianti (2024) MODEL KOMUNIKASI PENGURUS DENGAN ANGGOTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN ANGGOTA UNTUK MEMBAYAR SIMPANAN WAJIB (Studi Kasus pada Koperasi Konsumen Ranca Badak Bandung). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
COVER-Daftar Lampiran - Widianti Agustin_compressed.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I - Widianti Agustin_compressed.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II - Widianti Agustin_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III - Widianti Agustin_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV - Widianti Agustin_compressed_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V - Widianti Agustin_compressed.pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Widianti Agustin_compressed.pdf

Download (89kB)

Abstract

WIDIANTI AGUSTIN, 2024. Model Komunikasi Pengurus dengan Anggota dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Anggota untuk Membayar Simpaan Wajib Studi Kasus Pada Koperasi Konsumen Ranca Badak Bandung,di bawah bimbingan Hj. Yuanita Indriani. Koperasi Konsumen Ranca Badak Bandung merupakan Koperasi Fungsional yang anggotanya adalah pegawai RS Hasan Sadikin Bandung. Koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota melalui partisipasi dalam simpanan wajib dan simpanan pokok. Namun, pembayaran simpanan wajib oleh anggota sering tidak tepat waktu, sehingga menyebabkan ketidakstabilan keuangan dan penurunan Sisa Hasil Usaha (SHU). Keterlambatan ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran anggota serta kegagalan sistem potong gaji. Tujuan dari penelitian adalah untuk memperoleh gambaran tentang model komunikasi antara pengurus dan anggota dalam meningkatkan kesadaran untuk membayar simpanan wajib tepat waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan masalah dengan teori-teori manajemen, komunikasi, dan perkoperasian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data yang diperoleh melalui dianalisis secara deskriptif. Hasil pengolahan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, studi pustaka dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Konsumen Ranca Badak Bandung menggunakan berbagai komunikasi dalam upaya meningkatkan kepatuhan anggota dalam pembayaran simpanan wajib, yaitu surat pemberitahuan, tatap muka, dan edukasi selama Rapat Anggota Tahunan (RAT).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Kepatuhan, Anggota, Koperasi, Simpanan Wajib
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN KOMUNIKASI BISNIS & PENYULUHAN
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 05 Nov 2025 06:01
Last Modified: 05 Nov 2025 06:01
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item View Item