PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN : Studi Kasus Pada Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung

NURWINASTI, FITRIYANI (2023) PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN : Studi Kasus Pada Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung. Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)

Abstract

Fitriyani Nurwinasti 2023, Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Kepuasan Anggota Sebagai Pelanggan (Studi Kasus pada Koperasi Keluarga Pegawai Institut Teknologi Bandung), dibawah bimbingan H. Shofwan Azhar Solihin. Latar belakang penelitian ini diawali dengan menurunnya jumlah anggota aktif yang bertransaksi di unit waserda KKP-ITB dengan anggota aktif yang bertransaksi paling besar hanya 27% di setiap tahunnya. Pada tahun 2022 anggota yang aktif bertransaksi hanya 210 anggota atau sekitar 14% dari jumlah keseluruhan anggota yaitu 1.479 anggota. Penurunan jumlah anggota yang bertransaksi dikarenakan kebutuhan anggota yang belum terpenuhi secara maksimal di unit waserda Hal ini mengindikasikan bahwa anggota belum merasa puas dengan pengelolaan bauran ritel yang dilakukan oleh koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan bauran ritel di unit waserda, (2) kepuasan anggota di unit waserda, (3) pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan anggota (4) upaya-upaya memperbaiki bauran ritel di unit waserda. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah bauran ritel yaitu terdiri dari lokasi, produk, harga, promosi, atmosfer gerai dan service ritel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya data jawaban responden telah diperoleh dinaikkan skalanya dari ordinal menjadi interval dan menggunakan sampel sebanyak 94 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Convenience Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara variabel lokasi, produk, promosi, atmosfer gerai dan service ritel terhadap kepuasan anggota dan terdapat pengaruh negatif dan signifi-kan antara variabel harga. Kemudian terdapat positif yang signifikan secara simultan antara variabel lokasi, harga, produk, promosi, atmosfer gerai dan service ritel. Dan untuk nilai Adjusted R Square adalah 0,630. Hal ini berarti 63% kepuasan anggota dipengaruhi oleh variabel bauran ritel, dan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Bauran Ritel, Kepuasan Anggota, Koperasi.
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 05 Nov 2025 06:59
Last Modified: 05 Nov 2025 06:59
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2663

Actions (login required)

View Item View Item