ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RENDAHNYA PARTISIPASI ANGGOTA DALAM UPAYA MENIGKATKAN VOLUME PENJUALAN UNIT TOKO (Studi Kasus pada Koperasi Primkoppol Resor Sumedang, Kabupaten Sumedang Jawa Barat)

Laksana, Riyon Hangga Indra (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RENDAHNYA PARTISIPASI ANGGOTA DALAM UPAYA MENIGKATKAN VOLUME PENJUALAN UNIT TOKO (Studi Kasus pada Koperasi Primkoppol Resor Sumedang, Kabupaten Sumedang Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.

[img] Text
Riyon Hangga_Cover-Daftar Isi_compressed - Riyon Hangga.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Riyon Hangga_Bab 1 - Riyon Hangga_compressed.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Riyon Hangga_Bab 2 - Riyon Hangga_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Riyon Hangga_Bab 3 - Riyon Hangga_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
Riyon Hangga_Bab 4 - Riyon Hangga_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
Riyon Hangga_Bab 5 - Riyon Hangga_compressed.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Riyon Hangga_Daftar Pustaka - Riyon Hangga_compressed.pdf

Download (95kB)

Abstract

RIYON HANGGA INDRA LAKSANA, 2024. Analisis faktor faktor rendahnya partisipasi anggota dalam upaya meningkatkan penjualan unit toko, studi kasus pada koperasi primkoppol resor sumedang yang beralamat di Jl. Prabu Gajah Agung No.48, Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang Jawa Barat Kode Pos 45621. Di bawah bimbingan Nurhayat Indra dan Abdul Hakim. Partisipasi anggota merupakan salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan koperasi. terkait partisipasi anggota dalam koperasi biasanya dikaitkan dalam seluruh keikutsertaan anggota serta aktif dalam seluruh kegiatan yang dilakukan oleh koperasi. Semakin tinggi volume penjualan, semakin tinggi pendapatan yang akan diperoleh oleh perusahaan. Ini akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan keuangan yang ditetapkan. Partisipasi anggota adalah konsep yang mengacu pada keterlibatan dan kontribusi yang dilakukan oleh anggota suatu kelompok, organisasi, atau komunitas dalam berbagai kegiatan dan keputusan yang berkaitan dengan kepentingan dan tujuan bersama. Penjualan diartikan sebagai penjualan bersih yang tercantum dalam laporan laba perusahaan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriftif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka, Subjek Penlitian Merupakan Anggota Koperasi Primkoppol Resor Sumedang. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi anggota pada unit toko.Potensi pembelian anggota koperasi di unit koperasi Primkoppol masih rendah dengan anggota yang membeli membeli ke koperasi dan 73% membeli ke minimarket, perbandingan dikarenakan anggota koperasi lebih memilih minimarket seperti indomaret dan alfamart dalam membeli kebutuhan pokok dibanding ke Koperasi Primkoppol. Upaya yang dapat dilakukan oleh Unit Toko Koperasi Primkoppol yaitu menjalankan 7 unsur marketing mix yaitu Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence. Berdasarkan hasil analisis di atas koperasi harus memperhatikan beberapa hal yang harus di perbaiki agar partisipasi anggota dan volume penjualannya meningkat, sehingga koperasi Primkoppol harus lebih kreatif agar bisa bersaing dan mencapai target yang di inginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Anggota, Penjualan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Ana Farkhana
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:34
Last Modified: 11 Nov 2025 03:34
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item View Item