Nurpadilah, Dila (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN(Studi Kasus Pada Koperasi KPRI Hikmah Guru Cikeruh Jalan Kolonel Ahmad Syam Nomor 08 Jatinangor). Skripsi (S1) thesis, Universitas Koperasi Indonesia.
|
Text
Dila - Dila Adila_compressed.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
BAB I-DILA - Dila Adila_compressed.pdf Download (98kB) |
|
|
Text
BAB II-DILA - Dila Adila_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text
BAB III-DILA - Dila Adila_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
|
Text
BAB IV-DILA - Dila Adila_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
|
Text
BAB V - Dila Adila_compressed.pdf Download (34kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-DILA 2 - Dila Adila.pdf Download (31kB) |
Abstract
Dila Nurpadilah .2024. Analisis Kualitas Pelayanan Karyawan Dalam Upaya Mningkatkan Partisipasi Anggota Sebagai Pelanggan, studi kasus pada Koperasi Hikmah Guru Cikeruh Jalan Kolonel Ahmad Syam Nomor 08 Jatinangor yang dibimbing oleh Bapak Dindin Burhanudin. KPRI Hikmah Guru Cikeruh yang beralamatkan di Jalan Kolonel Ahmad Syam Nomor 08 Jatinangor 45363, yang Berbadan Hukum No. 5820/BH/PAD/ KWK-10/XI/1997 yang berdiri pada Tanggal 25 September 1973. KPRI Hikmah Guru Cikeruh yang anggotanya berasal dari Guru SDN, Guru SMP, Guru SMA yang masih aktif mengajar di instansi masing- masing maupun yang sudah pensiun. KPRI Hikmah Guru Cikeruh saat ini memiliki satu unit usaha yaitu simpan pinjam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Studi kasus kualitatif dengan pendekatan deskripsi, yaitu untuk menjelaskan bagaimana pelayanan karyawan dan partisipasi anggota pada Koperasi KPRI Hikmah Guru Cikeruh, serta menjelaskan tentang variable dan indikator yang masuk ke dalam identifikasi masalah, serta upaya apa saja yang dilakukan karyawan guna meningkatkan partisipasi anggota. Penelitian ini dilator belakangi dengan adanya penurunan jumlah partisipasi serta pendapatan yang mengalami fluktuasi dan tidak mencapai target yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kualitas pelayanan karyawan pada koperasi KPRI Hikmah Guru Cikeruh dikatakan “ Cukup Baik” tetapi ada beberapa indikator yang baik, seperti penampilan dan kebersihan karyawan, keramahan karyawan dalam melayani anggota , dan kerjujuran karyawan. Namun partisipasi anggota dikatakan ”Cukup Baik” maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan karyawan di Koperasi KPRI Hikmah Guru Cikeruh perlu ditingkatkan kembali. Upaya-upaya yangKPRI Hikmah Guru Cikeruh yang beralamatkan di Jalan Kolonel Ahmad Syam Nomor 08 Jatinangor 45363, yang Berbadan Hukum No. 5820/BH/PAD/ KWK-10/XI/1997 yang berdiri pada Tanggal 25 September 1973. KPRI Hikmah Guru Cikeruh yang anggotanya berasal dari Guru SDN, Guru SMP, Guru SMA yang masih aktif mengajar di instansi masing- masing maupun yang sudah pensiun. KPRI Hikmah Guru Cikeruh saat ini memiliki satu unit usaha yaitu simpan pinjam. dilakukan karyawan dalam meningkatkan partisipasi anggota adalah sebagai berikut: menigkatkan pelayanan karyawan kepada anggota dengan memberikan layanan yang cepat dan tepat, serta meningkatkan kemampuan dalam memahami kebutuhan anggota dengan mengumpulkan umpan balik dari anggota secara berkala untuk memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik dan menyesuaikan layanan yang diberikan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Karyawan, Partisipasi Anggota, Koperasi |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA |
| Depositing User: | Ana Farkhana |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 03:35 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 03:35 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
