ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RETENSI ANGGOTA SEBAGAI PENGGUNA JASA DALAM MENJAGA KEBERLANJUTAN PENDAPATAN KOPERASI (Studi Kasus Pada Unit Jasa Barang Koperasi Pegawai Departemen Agama Sumedang – Jawa Barat)

Barkatunisa, Anisa (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RETENSI ANGGOTA SEBAGAI PENGGUNA JASA DALAM MENJAGA KEBERLANJUTAN PENDAPATAN KOPERASI (Studi Kasus Pada Unit Jasa Barang Koperasi Pegawai Departemen Agama Sumedang – Jawa Barat). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
cover-daftar isi_compressed - Anisa Barkatunisa.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB I - Anisa Barkatunisa.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB II - Anisa Barkatunisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
BAB III - Anisa Barkatunisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text
BAB IV - Anisa Barkatunisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)
[img] Text
BAB V - Anisa Barkatunisa.pdf

Download (706kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Anisa Barkatunisa.pdf

Download (703kB)

Abstract

ANISA BARKATUNISA. 2025. Analisis Faktor-Faktor Retensi Anggota Sebagai Pengguna Jasa dalam Menjaga Keberlanjutan Pendapatan Koperasi, Studi Kasus pada Unit Jasa Barang Koperasi Pegawai Departemen Agama Sumedang, Jawa Barat, di bawah bimbingan Dandan Irawan dan Franklin Kharisma Genta. Koperasi Pegawai Departemen Agama Sumedang (KOPEDAS) merupakan koperasi fungsional yang menyediakan layanan pembiayaan konsumtif kepada anggotanya melalui Unit Usaha Jasa Barang. Meskipun jumlah anggota mengalami penurunan sejak tahun 2021, pendapatan koperasi justru terus mengalami peningkatan. Fenomena ini menunjukkan adanya faktor-faktor retensi anggota yang perlu dianalisis lebih dalam untuk mengetahui perannya dalam menjaga keberlangsungan pendapatan koperasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor retensi anggota sebagai pengguna jasa pada unit usaha jasa barang KOPEDAS, mengevaluasi kontribusinya terhadap keberlanjutan pendapatan, serta mengidentifikasi upaya mana-jerial koperasi dalam mempertahankan loyalitas anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif eksplo-ratif, teknik pengumpulan data berupa kuesioner kepada anggota koperasi, serta wawancara pada pengurus KOPEDAS sebagai data pendukung untuk memperkaya analisis dari sisi manajerial koperasi. Analisis dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui kecenderungan persepsi anggota terhadap faktor retensi seperti loyalitas, kepuasan, kepercayaan, dan manfaat ekonomi yang dirasakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalitas anggota, kemudahan pembayaran cicilan, transparansi informasi, dan relevansi kebutuhan jasa merupakan faktor dominan dalam menjaga retensi anggota. Di sisi lain, koperasi secara aktif mempertahankan kualitas layanan dan komunikasi sebagai bagian dari strategi manajerial untuk mempertahankan anggota aktif. Retensi yang kuat terbukti memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga kestabilan pendapatan koperasi di tengah penurunan jumlah anggota. Dengan demikian, retensi anggota sebagai pengguna jasa dapat dijadikan sebagai strategi utama dalam mempertahankan penda-patan koperasi secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Retensi Anggota, Pendapatan Koperasi, Koperasi
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:22
Last Modified: 01 Dec 2025 03:22
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2820

Actions (login required)

View Item View Item