ANALISIS PENGUKURAN KINERJA USAHA KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Unit Usaha K7 Mart Koperasi Pegawai Bank BTN KC Bandung)

AGATHA, AMELIA (2025) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA USAHA KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Unit Usaha K7 Mart Koperasi Pegawai Bank BTN KC Bandung). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
Halaman cover s_d daftar isi Amelia Agatha C1210116 (1)-compressed - Amelia Agatha.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I Amelia Agatha C1210116 - Amelia Agatha.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II Amelia Agatha C1210116 - Amelia Agatha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
BAB III Amelia Agatha C1210116 - Amelia Agatha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV Amelia Agatha C1210116 - Amelia Agatha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V Amelia Agatha C1210116 - Amelia Agatha.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Amelia Agatha C1210116 - Amelia Agatha.pdf

Download (125kB)

Abstract

Amelia Agatha. 2025. Analisis Pengukuran Kinerja Usaha Koperasi Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Studi kasus pada Koperasi Pegawai BTN KC Bandung, di bawah bimbingan H. Indra Fahmi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja unit usaha K7 Mart pada Koperasi Pegawai Bank BTN KC Bandung dengan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC) yang terdiri dari empat perspektif: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Perma-salahan utama dalam penelitian ini adalah ketidaktercapaian target penjualan, rendahnya keterlibatan anggota koperasi sebagai konsumen, serta belum optimalnya strategi manajemen yang diterapkan. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi langsung, dan studi dokumentasi dari laporan RAT koperasi periode 2020–2024.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja unit usaha K7 Mart dalam perspektif keuangan masih perlu ditingkatkan karena tren pendapatan mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir. Perspektif pelanggan berada pada kategori baik karena kepuasan terhadap kualitas produk dan layanan masih tinggi. Perspektif proses bisnis internal masuk kategori sangat baik karena operasional berjalan efisien dan respon-sif. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan juga berada dalam kategori sangat baik karena didukung oleh pelatihan serta keterlibatan karyawan. Implementasi BSC terbukti membantu koperasi dalam melakukan evaluasi secara menyeluruh dan strategis untuk pengambilan keputusan jangka panjang yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecad, Kinerja Usaha Koperasi, Evaluasi Kinerja
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:16
Last Modified: 01 Dec 2025 06:16
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2823

Actions (login required)

View Item View Item