ANALISIS PENGUKURAN KINERJA USAHA KOPERASI DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya)

NURPITRIANI, TIARA (2025) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA USAHA KOPERASI DENGAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.

[img] Text
Cover - Tiara Nurpitriani.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB I - Tiara Nurpitriani.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II - Tiara Nurpitriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB III - Tiara Nurpitriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB IV - Tiara Nurpitriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text
BAB V - Tiara Nurpitriani.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Tiara Nurpitriani.pdf

Download (203kB)

Abstract

Tiara Nurpitriani. 2025. Analisis kinerja usaha koperasi dengan metodebalanced scorecard, Studi Kasus Pada Koperasi Konsumen Mulia RSUD Majalaya, Cipaku Jl. Majalaya - Paseh No.003, RT.001, Cipaku, Kec. Paseh, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, di bawah bimbingan Endang Wahyuningsih Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja Koperasi Kon-sumen Mulia RSUD Majalaya menggunakan metode Balanced Scorecard yang mencakup empat perspektif: keuangan, pelang-gan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan mengala-mi fluktuasi dengan efisiensi biaya yang belum optimal. Perspektif pelanggan menunjukkan pelayanan cukup baik namun masih lemah dalam penyediaan informasi dan penanganan keluh-an. Pada proses bisnis internal ditemukan perlunya perbaikan sistem pencatatan pesanan dan evaluasi produk. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mengindikasikan bahwa pengemba-ngan kompetensi SDM dan pemanfaatan teknologi digital belum maksimal. Temuan ini merekomendasikan peningkatan strategi pada seluruh perspektif untuk mendorong kinerja koperasi yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan Pertumbuhan
Subjects: S1 - SKRIPSI
Divisions: PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS
Depositing User: Sri Suharti
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:17
Last Modified: 01 Dec 2025 06:17
URI: http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item