FATURAHMAN, BAYU FATHAN (2025) EVALUASI STRATEGI PROMOSI FLASH SALE DANGRATIS ONGKOS KIRIM DALAM MENDORONG IMPULSIVE BUYING PADA PRODUK FASHION (Studi Kasus pada Brand Eiger di Platform Shopee). Skripsi (S1) thesis, UNIVERSITAS KOPERASI INDONESIA.
|
Text
Cover sd Daftar Isi_compressed - Bayu Fathan Faturahman.pdf Download (394kB) |
|
|
Text
BAB I - Bayu Fathan Faturahman.pdf Download (447kB) |
|
|
Text
BAB II - Bayu Fathan Faturahman.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
|
Text
BAB III - Bayu Fathan Faturahman.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text
BAB IV - Bayu Fathan Faturahman.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
BAB V - Bayu Fathan Faturahman.pdf Download (229kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka - Bayu Fathan Faturahman.pdf Download (220kB) |
|
|
Text
MINOR_Bayu Fathan Faturahman - Bayu Fathan Faturahman.pdf Download (799kB) |
Abstract
BAYU FATHAN FATURAHMAN. 2025. Evaluasi Strategi Promosi Flash sale dan Gratis Ongkos Kirim dalam Mendorong Impulsive buying pada Produk Fashion (Studi Kasus pada Brand Eiger di Platform Shopee). Di bawah Bimbingan Udin Hidayat. Objek dalam penelitian ini adalah brand lokal Eiger yang memasarkan produk fashion di platform e-commerce Shopee. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya perilaku pembelian impulsif di platform digital akibat penerapan strategi promosi seperti flash sale dan gratis ongkos kirim. Eiger sebagai brand lokal yang adaptif terha-dap tren digital turut memanfaatkan dua strategi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi flash sale dan gratis ongkos kirim baik secara parsial maupun simultan terhadap impulsive buying serta mengevaluasi efektivitas kedua strategi dalam memicu perilaku pembelian tidak terencana. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah mela-kukan pembelian produk Eiger di Shopee dengan memanfaatkan program flash sale dan gratis ongkir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, strategi promosi flash sale dan gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Hal ini membuktikan bahwa kedua strategi tersebut mampu membangkitkan dorongan emosional dan rasa urgensi konsumen untuk melakukan pembelian secara spontan. Temuan ini juga menunjukkan bahwa strategi promosi digital yang diterapkan Eiger terbukti cukup efektif dalam mendorong peningkatan penjualan melalui pembelian tidak terencana di platform e-commerce.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Flash sale, Gratis Ongkos Kirim, Impulsive buying, E-commerce, Eiger |
| Subjects: | S1 - SKRIPSI |
| Divisions: | PROGRAM STUDI SARJANA MANAJEMEN > MANAJEMEN BISNIS |
| Depositing User: | Sri Suharti |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 08:41 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 08:41 |
| URI: | http://repository.ikopin.ac.id/id/eprint/2839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
